Harga Diskon, Lingkungan Fisik dan Persepsi Produk :Pengaruhnya Terhadap Nilai Belanja dan Perilaku Pembelian Konsumen untuk Kategori Produk Pakaian Wanita (Studi pada Matahari Dept. Store Malang)

Devica, Sadana (2010) Harga Diskon, Lingkungan Fisik dan Persepsi Produk :Pengaruhnya Terhadap Nilai Belanja dan Perilaku Pembelian Konsumen untuk Kategori Produk Pakaian Wanita (Studi pada Matahari Dept. Store Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel harga diskon, lingkungan fisik dan persepsi produk terhadap nilai belanja dan perilaku pembelian konsumen untuk kategori produk pakaian wanita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dasar yang bertujuan untuk mencari jawaban baru atas pengaruh harga diskon, lingkungan fisik dan persepsi produk terhadap nilai belanja dan perilaku pembelian konsumen. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel eksogen yaitu harga diskon, lingkungan fisik dan persepsi produk, serta tiga variabel endogen yaitu nilai hedonik, nilai utilitarian dan perilaku pembelian. Penelitian ini dilakukan di Matahari Dept. Store Malang dimana sampel yang diteliti adalah konsumen wanita yang berjumlah 105 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgement sampling . Sumber data terdiri dari data primer yaitu hasil jawaban kuesioner, serta data sekunder yang diperoleh dari internet, meliputi tempat belanja di Malang, sejarah Matahari Dept. Store , visi dan misi Matahari Dept. Store , dan filosofi Matahari Dept. Store . Uji Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas melalui confirmatory factor analysis (CFA). Hasil dari analisis path menunjukkan bahwa : (1) harga diskon berpengaruh terhadap nilai hedonik, (2) lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap nilai hedonik, (3) persepsi produk berpengaruh terhadap nilai hedonik dan nilai utilitarian , (4) nilai hedonik berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen, dan (5) nilai utilitarian tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen.

English Abstract

Purpose of this study was to examine and analyze effect of variables discount rates, physical surroundings and product perception toward shopping value and consumer purchasing behaviour for women`s clothing product categories. Type of this research is basic research that aims to find new answers on effect of discounts rates, physical surroundings and product perception toward shopping value and consumer purchasing behaviour. In this study re are three exogenous variables were discount rates, physical surroundings and product perception, also three endogenous variables were hedonic value, utilitarian value and purchasing behaviour. This research was carried out at Matahari Dept. Store, Malang with a sample under study is a female consumer totaling 105 respondents. sampling technique using judgment sampling. data sources consisted of primary data that is result of responses to questionnaires and secondary data obtained from internet were shopping mall in Malang city, history of Matahari Dept. Store, vision and mission of Matahari Dept. Store, and Matahari Dept. Stores philosophy. Test research instruments used validity and reliability testing through confirmatory factor analysis (CFA). Results from path analysis showed that : (1) discount rates affect hedonic value, (2) physical surroundings has no effect on hedonic value, (3) product perception affect hedonic and utilitarian value, (4) hedonic values affect consumers purchasing behaviour, and (5) utilitarian value has no effect on consumer purchasing behaviour.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/DEV/h/041002818
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 29 Nov 2010 09:28
Last Modified: 29 Nov 2010 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159962
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item