Analisis Perilaku Pembelian Produk Hijau (Green Product) : Studi Pada Pelanggan Produk Elektronik Ramah Lingkungan Di Kota Ambon.

Balik, Dessy (2010) Analisis Perilaku Pembelian Produk Hijau (Green Product) : Studi Pada Pelanggan Produk Elektronik Ramah Lingkungan Di Kota Ambon. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh langsung lingkungan sosial budaya terhadap sikap, dan perilaku pembelian produk hijau. Menguji pengaruh langsung sikap, norma subyektif, kontrol perilaku terhadap minat dan pengaruh tidak langgsung lingkungan sosial budaya, sikap, norma subyektif, kontrol perilaku terhadap perilaku pembelian produk hijau. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan ( exsplanatory ). Pendekatan dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, model penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan instrument kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti maka dalam penelitian ini penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling atau penentuan sampel secara tidak acak dengan metode judgement sampling . Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini merujuk pada pendapat Davis dan Cosenza dalam Kuncoro (2004) dipengaruhi oleh alat analisis yang dipergunakan. Alat analisis dalam penelitian menggunakan path analysis , maka penentuan jumlah sampel ( sampel size ) dalam penelitian ini disesuaikan dengan asumsi yang mendasari alat analisis jalur/ path analysis. Sarwono (2007) menyatakan bahwa ukuran sampel ( sampel size ) yang memadai untuk analisis jalur/ path analysis , minimal 100 unit. Berdasarkan ketentuan tersebut, maka jumlah sampel (minimum) yang digunakan dalam penelitian ini adalah 114 responden. Metode analisis data adalah analisis kuantitatif, secara teknis dilakukan menggunakan, metode statistik inferensial. Model analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analisis) dengan menggunakan bantuan perangkat lunak komputer (software) program SPSS ( Statistical Package for Social Science ) for Windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa sikap berpengaruh positif secara langsung terhadap minat pembelian. Norma subyektif berpengaruh positif secara langsung terhadap minat pembelian. Kontrol perilaku berpengaruh negatif secara langsung terhadap minat pembelian, namun pengaruh tersebut tidak signifikan. Kontrol perilaku berpengaruh negatif secara langsung terhadap perilaku pembelian produk hijau namun hasil analisis membuktikan bahwa pengaruh tersebut tidak signifikan. Lingkungan sosial-budaya berpengaruh positif secara langsung terhadap sikap pelanggan produk hijau dan perilaku pembelian produk hijau. Minat berpengaruh positif secara langsung terhadap perilaku pembelian produk hijau.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/BAL/a/041100720
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Mar 2011 09:58
Last Modified: 15 Mar 2011 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159961
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item