Analisis Sikap Konsumen Terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi Dengan Menggunakan Multi-Atribut Dan Norma Subyektif Model (Studi Pada Merek Susu Bubuk Hilo Dan Anlene Di Kota Malang)

Amam (2015) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi Dengan Menggunakan Multi-Atribut Dan Norma Subyektif Model (Studi Pada Merek Susu Bubuk Hilo Dan Anlene Di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sikap adalah suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam masalah-masalah yang baik atau kurang baik secara konsekuen, dan merupakan respon seseorang terhadap suatu obyek baik positif maupun negatif. Nilai positif dan negatif sikap konsumen terhadap atribut suatu produk serta faktor lingkungan sosial konsumen bisa dijadikan pengaruh dalam melakukan pembelian. Sikap terdiri dari skor kepercayaan dan skor evaluasi konsumen, sedangkan norma subyektif terdiri dari nilai keyakinan dan nilai motivasi konsumen. Penelitian bertujuan untuk menganalisis: 1) sikap konsumen terhadap atribut susu bubuk merek Hilo dan Anlene, 2) pengaruh lingkungan sosial terhadap norma subyektif konsumen dalam melakukan pembelian produk susu bubuk berkalsium tinggi merek Hilo dan Anlene, serta 3) perbedaan sikap konsumen terhadap atribut susu bubuk berkalsium tinggi merek Hilo dan Anlene. Atribut yang digunakan pada penelitian terdiri dari: a) merek, b) rasa, c) label, d) harga, dan e) promosi. Penelitian dilakukan di Kota Malang didasarkan atas rata-rata nilai konsumsi susu per bulan per rumah tangga di Kota Malang tidak jauh berbeda dengan rata-rata Jawa Timur. Responden merupakan siswa SMA yang pernah atau masih mengkonsumsi susu bubuk merek Hilo dan atau Anlene, dengan metode snowball sampling (sampel bola salju). Analisis dilakukan dengan model pendekatan Fishbein (untuk tujuan 1 dan 2), sedangkan uji Wilcoxon untuk menganalisis tujuan yang nomer 3. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sikap konsumen pada atribut susu bubuk merek Hilo dan Anlene menunjukkan hasil positif, yaitu masing-masing sebesar 4,93 dan 4,73. Sikap konsumen terhadap susu Hilo lebih tinggi (0,20) dibandingkan sikap konsumen terhadap susu Anlene, hal tersebut menunjukkan bahwa susu merek Hilo lebih mendekati harapan dari konsumen. Lingkungan sosial konsumen mempengaruhi norma subyektif konsumen dalam melakukan pembelian susu bubuk berkalsium tinggi merek Hilo dan Anlene, masing-masing sebesar 2,13 dan 2,18. Pengaruh lingkungan sosial konsumen susu Anlene lebih tinggi (0,05) dibandingkan pengaruh lingkungan sosial konsumen susu Hilo. Ada perbedaan sikap konsumen terhadap atribut susu Hilo dan Anlene, yaitu pada atribut rasa (Anlene 0,20 Hilo), label (Anlene 0,29 Hilo) dan promosi (Anlene 0,66 Hilo), sedangkan pada atribut merek dan harga tidak ada perbedaan sikap konsumen. Saran Penelitian untuk perusahaan hendaknya perusahaan juga mengikutsertakan tenaga penjual sebagai media promosi bagi produk perusahaan, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga penjual mempunyai pengaruh yang cukup besar (Hilo 0,70 dan Anlene 0,83) terhadap pembelian susu bubuk berkalsium tinggi merek Hilo dan Anlene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut promosi susu Anlene merupakan atribut yang positif paling rendah dibandingkan dengan atribut yang lainnya, sehingga perusahaan perlu untuk meningkatkan promosi yang x memberikan informasi bahwa susu bubuk Anlene mengandung kalsium tinggi (500 mg/penyajian) yang berguna untuk pertumbuhan, terutama melalui televisi (audio-visual). Penelitian ini merupakan penelitian yang bermanfaat untuk banyak kalangan, termasuk pelajar, perusahaan dan pengamat bisnis, sehingga diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menambahkan beberapa jenis merek susu berkalsium tinggi yang sekarang banyak berkembang di masyarakat.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/AMA/a/2015/041507906
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2015 11:39
Last Modified: 13 Nov 2015 11:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159960
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item