Pengaruh Persepsi Iklan, Kesadaran Merek, Citra Merek Terhadap Sikap Pada Merek dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Pestisida Merek Sidamethrin 50 EC).

Hakim, RahmaTiara (2013) Pengaruh Persepsi Iklan, Kesadaran Merek, Citra Merek Terhadap Sikap Pada Merek dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Pestisida Merek Sidamethrin 50 EC). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris: (1) Apakah sikap pada merek dipengaruhi oleh persepsi iklan, kesadaran merek dan citra merek secara langsung maupun tidak langsung. (2) Apakah keputusan pembelian dipengaruhi oleh persepsi iklan, kesadaran merek dan citra merek secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap pada merek. Secara teoritis diharapkan hasil penelitian ini dapat memperkaya dan melengkapi ilmu pengetahuan dibidang manajemen terutama teori pemasaran, sehingga dapat bermanfaat bagi para akademisi dan praktisi. Populasi penelitian adalah petani pengguna produk pestisida merek Sidamethrin 50 EC dan pernah melihat iklan Sidamethrin 50 EC di media cetak di wilayah Malang. Sampel penelitian sebanyak 170 responden. Metode analisa data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi iklan dan citra merek terhadap sikap pada merek. Persepsi iklan mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi kesadaran merek dan citra merek memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu terdapat hubungan secara tidak langsung antara persepsi iklan, kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap pada merek.

English Abstract

This study aims to test and examination empirically: (1) Is brand attitude is influenced by advertising perception, brand awareness and brand image directly or indirectly (2) Is purchase decision is influenced by advertising perception, brand awareness and brand image are directly or indirectly through brand attitude. oretically expected results of this study can enrich and complement management science, especially ory of marketing, so it can be useful for academics and practitioners. Population was a farmer pesticide product users brand Sidamethrin 50 EC and ever see print advertising of Sidamethrin 50 EC in Malang. sample consits of 170 farmer who use Sidamethrin 50 E. Methods of data analysis using path analysis. results shows that advertising perception and brand image have positive and significant influence on brand attitude. Advertising perception has a positive and significant toward purchase decision, but brand awareness and brand image not significant toward purchase decision. In o r hand, re are indirect relationship between advertising perception, brand awareness and brand image toward purchase decision through brand attitude.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/HAK/p/041310529
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 May 2014 11:55
Last Modified: 06 May 2014 11:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159943
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item