Pengaruh Atribut Produk tehadap Nilai Konsumen, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Malang

Ertanto, Yudy (2011) Pengaruh Atribut Produk tehadap Nilai Konsumen, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh atribut produk terhadap nilai konsumen dan kepercayaan serta pengaruh atribut produk, nilai konsumen dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Selain itu penelitian ini juga menganalisis pengaruh tidak langsung atribut produk terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh nilai konsumen dan kepercayaan. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian mobil Avanza pada dealer Toyota Auto 2000 Sutoyo Kota Malang selama bulan Januari sampai Juli 2010 berjumlah 1.037 unit. Dengan ukuran populasi 1.037 orang dan tingkat kelonggaran ketidaktelitian sebesar 10%, maka ukuran sampel dalam penelitian berjumlah 91 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan Analisis Jalur ( Path Analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh terhadap nilai konsumen dan kepercayaan. Atribut produk nilai konsumen dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai konsumen dan kepercayaan tidak dapat memediasi pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian. Guna meningkatkan keputusan konsumen melakukan pembelian mobil Toyota Avanza, pihak Toyota perlu meningkatkan atribut produk dari mobil Toyota Avanza, baik dari segi kualitas, fitur maupun desain produknya. Selain itu, pihak Toyota perlu menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi customer bila dibandingkan dengan pengorbanan yang dilakukan oleh customer untuk membeli mobil tersebut dan pihak Toyota mampu memberikan rasa kepercayaan yang tinggi kepada konsumen melalui kemampuan dan integritas pada mobil tersebut.

English Abstract

This study analyzes effect of product attributes on consumer values and beliefs and influence of product attributes, customer value and confidence in purchasing decision. In addition, this study also analyzed indirect effect of decision of purchasing product attributes that are mediated by customer value and trust. population of this research is that consumers who are buying cars at dealerships Toyota Avanza Auto 2000 Sutoyo Malang during January to July 2010 amounted to 1037 units. By 1037 population size and level of looseness inaccuracy of 10%, n sample size in study amounted to 91 respondents. Analysis of data used in research using Path Analysis (Path Analysis). results showed that product attributes affect consumer values and beliefs. Product attribute values and beliefs influence consumer purchase decisions. Consumer values and beliefs can not mediate effect of product attributes on purchase decisions in order to improve consumer decision to purchase a Toyota Avanza, Toyota needs to improve product attributes of a Toyota Avanza, both in terms of quality, features and design products. In addition, Toyota`s need to generate greater benefits for customers when compared to sacrifices made by customer to buy car and Toyota is able to provide a high sense of confidence to consumers through ability and integrity in car.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/ERTp/041101831
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 24 May 2011 12:01
Last Modified: 24 May 2011 12:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159941
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item