Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Travel Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Regresi Linear Berganda (Studi Kasus Pada Perusahaan Joy Travel Blitar)

Chusnaini, Julik (2016) Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Travel Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Regresi Linear Berganda (Studi Kasus Pada Perusahaan Joy Travel Blitar). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perusahaan transportasi di bidang jasa pada saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat sehingga tingkat persaingan untuk mendapatkan konsumen juga semakin besar. Sejalan dengan hal tersebut merupakan tantangan besar bagi perusahaan Joy Travel untuk memberikan kualitas pelayanan yang dapat menghasilkan kepuasan konsumen yang diharapkan akan menggunakan jasa layanan transportasi yang diberikan perusahaan secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fasilitas (x1), keamanan (x2), keramahan petugas (x3), ketepatan waktu (x4), kesesuaian tarif (x5), image (x6), dan kenyamanan (x7) angkutan secara serempak maupun parsial terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi Joy travel. Selain itu digunakan analisis SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan Joy Travel dan strategi apa yang tepat digunakan untuk pengembangan perusahaan di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian secara serempak menggunakan Uji F dari faktor-faktor fasilitas, keamanan, keramahan petugas, ketepatan waktu, kesesuaian tarif, image, dan kenyamanan angkutan terhadap kepuasan konsumen diperoleh bahwa nilai signifikansi (1.0051E-38) yang berarti bahwa secara serempak 7 variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil pengujian parsial dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa hanya variabel fasilitas, ketepatan waktu, kesesuaian tarif dan kenyamanan angkutan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan untuk variabel keamanan, keramahan petugas dan image tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan perhitungan dapat disusun model regresi linear berganda: . Berdasarkan hasil perhitungan kuisioner penelitian, perusahaan Joy Travel diperoleh kuadran SWOT dengan koordinat (0.810 , 0.343) yang terletak pada kuadran I yang berarti situasi yang sangat menguntungkan dimana perusahaan Joy Travel memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga bisa berpotensi dan berkembang lebih baik. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi SO (Strength opportunities).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812CHUJ/a/2016/041611380
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Feb 2017 13:13
Last Modified: 06 Feb 2017 13:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159934
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item