Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Funding Bank Sinarmas Kantor Cabang Padang

Ubaidillah (2016) Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Funding Bank Sinarmas Kantor Cabang Padang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat persaingan dalam sektor industri perbankan semakin tinggi dan ketat. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi, mudahnya akses informasi yang serba cepat, hal tersebut menuntut pelaku industri perbankan untuk meningkatkan kemampuan dan keunggulannya agar dapat memenangkan persaingan. Tantangan perbankan dalam persaingan global saat ini secara langsung menuntut efektifitas strategi pemasaran sebagai bentuk usaha mempertahankan dan mengembangkan keunggulan bersaing suatu perusahaan, hal tersebut dapat diraih salah satunya melalui strategi Relationship Marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh Relationship Marketing secara langsung terhadap loyalitas nasabah. (2) Untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan secara langsung terhadap loyalitas nasabah. (3) Untuk menganalisis pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah funding yang sudah menjadi nasabah minimal 1 tahun dan mempunyai rekening yang masih berstatus aktif. sampel yang digunakan adalah 150 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Relationship Marketing memiliki pengaruh secara langsung terhadap loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan yang semakin baik dapat meningkatkan loyalitas nasabah funding. Relationship Marketing mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/UBA/p/2016/041607140
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Dec 2016 11:49
Last Modified: 30 Mar 2022 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159926
[thumbnail of UBAIDILLAH.pdf]
Preview
Text
UBAIDILLAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item