Analisis Retail Mix dan Kualitas Layanan terhadap Behavioral Intentions yang di Mediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Studi pada Supermarket di Kabupaten Maluku Tenggara)

Rettob, AmbaNurdin (2011) Analisis Retail Mix dan Kualitas Layanan terhadap Behavioral Intentions yang di Mediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Studi pada Supermarket di Kabupaten Maluku Tenggara). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pedagang eceran di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan adanya CAFTA akan membawa dunia retail Indonesia pada era baru yaitu Global Retailing . Supermarket merupakan salah satu konsep retail yang memiliki peluang bisnis yang sangat besar dan popular, karena Supermarket dapat menjual sekitar 5.000 item barang dengan luas area sekitar 2000 m 3 , dan hal tersebut menjadikan Supermarket mampu mengaplikasikan konsep one-stop shopping . Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh langsung Retail Mix dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Behavioral Intentions , 2) mengetahui pengaruh tidak langsung Retail Mix dan Kualitas Layanan terhadap Behavioral Intentions melalui Kepuasan Pelanggan, dan 3) mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Behavioral Intentions . Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( Explanatory Research ), yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 180 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori dan analisis jalur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) Retail Mix berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Pelanggan, 2) Retail Mix berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Behavioral Intentions , 3) Retail Mix berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Behavioral Intentions melalui Kepuasan Pelanggan, 4) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Pelanggan, 5) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung Behavioral Intentions , 6) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Behavioral Intentions melalui Kepuasan Pelanggan, dan 7) Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intentions diterima.

English Abstract

Retail business in Indonesia has growth in a great number, because CAFTA bring retail industries in Indonesia a new era of retailing, which is a global retailing. This era brought a new concept from o r country into Indonesia. Supermarket became one most popular retail business, Supermarket has a chance to growth up. Supermarket give a new concept to retail industry, because Supermarket gives a all people needs, and this store an sell over a 5000 item product with a 2000 m 3 areas. Intentions of this research is to indentify influence of retail mix and service quality to customer satisfactions and behavioral intentions in direct effect. Indentify influence retail mix and service quality against behavioral intentions through customer satisfactions, and indently influence to customer satisfactions to behavioral intentions. Dependent variables in this research is retail mix, service quality, while independent variables is customer satisfactions and behavioral intentions. Research samples reaches 180 responden. Data analyzed by confirmatory factor analysis and path analysis. Research result indicates that 1) retail mix has direct effect to customer satisfactions positively and significantly, 2) retail mix positively and significantly in direct effect to behavioral intentions, 3) retail mix has direct effect and indirect effect to behavioral intentions through customer satisfactions significantly, 4) service quality has direct effect to costumer satisfactions positively and significantly, 5) service quality positively and significantly in direct effect to behavioral intentions, 6) service quality has direct effect and indirect effect to behavioral intentions through customer satisfactions, and 7) customer satisfactions has direct effect to behavioral intentions positively and significantly.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/RET/a/041103893
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 29 Sep 2011 10:22
Last Modified: 29 Sep 2011 10:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159912
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item