Hubungan Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, Kepuasan Siswa Dan Loyalitas Siswa ( Study Empirik Di Smk Negeri Rembang, Pasuruan, Jawa Timur)

Khusaeni, Akhmad (2016) Hubungan Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, Kepuasan Siswa Dan Loyalitas Siswa ( Study Empirik Di Smk Negeri Rembang, Pasuruan, Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan sekolah dinilai memuaskan, apabila kualitas pelayanan dan pengajaran di sekolah dapat memenuhi keinginan, harapan dan kebutuhan siswa didik. Disamping kualitas pelayanan, kepuasan juga dipengaruhi oleh citra sekolah itu sendiri. Kepuasan siswa akan menimbulkan loyalitas. Loyalitas siswa diindikasikan dengan penyampaian positif dari mulut ke mulut tentang pelayanan sekolah, pemberian rekomendasi ke adik-adik angkatan dari sekolah asal, keluarga untuk masuk belajar di sekolah yang sama. Tujuan penelitian adalah penulis ingin mengetahui hubungan loyalitas siswa yang ada di SMK Negeri Rembang kabupaten Pasuruan, dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu kualitas pelayanan, citra sekolah serta kepuasan siswa. Penelitian ini adalah studi kuantitatif empirik, data diperoleh dengan penyebaran kuisioner kepada sampel siswa kelas X dan XI dari populasi siswa SMK Negeri Rembang – Pasuruan. Dengan menggunakan 22 butir pertanyaan sebanyak 220 kuesioner dan diperkirakan kembali 200 kuesioner yang akan digunakan sebagai data primer . Disamping data primer juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Analisa data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan metode PLS Path Modeling (PLS-PM). Setelah dilakukan analisis data kuantitatif dengan menggunakan PLS Path Modelling, hasil yang diperoleh dari penelitian disimpulkan sebagai berikut : Pertama Kualitas pelayanan sekolah kepada siswa hampir terpenuhi. Semakin tinggi kualitas pelayanan menyebabkan semakin tinggi pula kepuasan siswa. Indikator yang mempengaruhi kualitas pelayanan meliputi: kenyamanan ruang kelas, profesionalitas pendidik, kecepatan pelayanan dan kejelasan informasi tenaga kependidikan, kesopanan dan ketulusan pendidik. Walaupun kualitas pelayanan sekolah berpengaruh terhadap kepuasan siswa tetapi tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas siswa. Kedua citra sekolah menurut pandangan siswa sudah baik. Citra sekolah yang tinggi menjadikan siswa puas belajar di sekolah dan citra sekolah juga berpengaruh langsung terhadap loyalitas siswa artinya semakin tinggi citra sekolah menyebabkan loyalitas siswa ke sekolah juga tinggi. Ketiga Kepuasan siswa kurang terpenuhi, kepuasan siswa tidak berpengaruh terhadap loyalitas siswa. Artinya semakin tingggi kepuasan siswa tidak menyebabkan semakin tinggi loyalitas siswa. Hasil penelitian ini dapat disarankan: (1) Sekolah diharapkan meningkatkan pelayanan terhadap siswa baik dari penampilan fisik berupa kenyamanan ruang kelas dan perlengkapan praktek siswa, profesionalime, kesopanan dan ketulusan pendidik serta kecepatan pelayanan dan kejelasan informasi tenaga kependidikan. (2) Sekolah diharapkan terus mempertahankan citra sekolah yang baik. (3) Sekolah diharapakan meningkatkan kepuasan siswa yang dapat meningkatkan loyalitas siswa terhadap sekolah. (4) Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan meningkatkan dan mengembangkan kualitas pelayanan serta mempertahankan citra sekolah yang baik, sehingga dapat meningkatkan kepuasan sehingga meningkatkan loyalitas siswa ke sekolah.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/KHU/h/2016/041612160
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jan 2017 13:29
Last Modified: 17 Jan 2017 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159891
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item