Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Lingkungan Sosial terhadap Sikap dan Minat Nasabah pada Penggunaan BNI SMS Banking

Ellitania, Francisca (2011) Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Lingkungan Sosial terhadap Sikap dan Minat Nasabah pada Penggunaan BNI SMS Banking. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana kualitas layanan elektronik dan lingkungan sosial mempengaruhi nasabah BNI Probolinggo dalam menggunakan BNI SMS Banking. Model yang digunakan adalah Technology Acceptance Model (TAM) dimana TAM merupakan model yang umum dipakai untuk mengukur tingkat penerimaan seseorang terhadap suatu teknologi. Menurut TAM penerimaan suatu teknologi meliputi sikap kemudian minat dan pada akhirnya penggunaan teknologi tersebut. Kualitas layanan elektronik ( e-service quality ) merupakan faktor penting dari suatu layanan elektronik yang saat ini berkembang pesat terutama di bidang perbankan. Layanan elektronik perbankan antara lain: internet banking, SMS Banking, Mobile Banking, dan Phone Banking. Lingkungan sosial juga merupakan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk menggunakan suatu produk. Sampai dimana tingkat pengaruh lingkungan sosial inilah yang akan dikaji dalam penelitian ini. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengambilan sampel non-probabilistik. Dimana tempat pengambilan sampel dilakukan di BNI Kantor Cabang Utama Probolinggo. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas layanan elektronik sangat berpengaruh terhadap sikap dan minat nasabah dibandingkan dengan lingkungan sosial. Kualitas layanan elektronik yang paling penting untuk ditingkatkan adalah keamanan.

English Abstract

This study examines how quality of electronic services and social environment affect customer BNI Probolinggo in using BNI SMS Banking. model used is Technology Acceptance Model (TAM) in which TAM is a model commonly used to measure level of ones acceptance of a technology. According to TAM acceptance of a technology include attitudes and interests and in end use of se technologies. Quality of electronic services (e-service quality) is an important factor of an electronic service that is currently growing rapidly, especially in banking. Electronic banking services such as: internet banking, SMS Banking, Mobile Banking and Phone Banking. social environment also factors that influence consumers in deciding to use a product. Up where degree of influence of social environment is what will be studied in this research. data used are primary data with technique of non-probabilistic sampling. Where sampling conducted at BNI Main Branch Probolinggo. results show that electronic service quality affects customer attitudes and interests than with social environment. Quality of electronic services that most important for improved is security.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/ELL/p/041201566
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 14 Aug 2012 09:15
Last Modified: 14 Aug 2012 09:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159876
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item