Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Inovasi dan Kinerja Bisnis Perusahaan Clothing di Kota Malang

Apriawan, Riza (2012) Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Inovasi dan Kinerja Bisnis Perusahaan Clothing di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh customer relationship management terhadap inovasi dan kinerja bisnis perusahaan clothing di Kota Malang memiliki permasalahan yaitu jarang melakukan inovasi karena takut produknya tidak laku di pasar sehingga berpengaruh pada kinerja perusahaan, sehingga perusahaan perlu menerapkan customer relationship management sebagai dasar aktifitas inovasi untuk mencapai kinerja perusahaan yang baik. Dalam penelitian ini mengukur pengaruh customer relationship Management dengan variabel memperoleh pelanggan ( acquire ) , meningkatkan hubungan dengan pelanggan ( enhance ), mempertahan kan pelanggan ( retain ) terhadap Inovasi perusahaan , yang kemudian mengukur pengaruh inovasi perusahaan terhadap kinerja bisnis perusahaan. Teknik analisis menggunakan analisis jalur ( path ). Hasil menunjukkan beberapa temuan, pertama mendapatkan pelanggan baru ( acquire ) secara langsung berpengaruh terhadap inovasi perusahaan. Kedua, meningkatkan hubungan dengan pelanggan ( enhance ) secara langsung berpengaruh terhadap inovasi perusahaan. Ketiga, mempertahankan pelanggan ( retain ) secara langsung berpengaruh terhadap inovasi perusahaan. Keempat, inovasi perusahaan secara langsung berpengaruh terhadap kinerja bisnis.

English Abstract

This study analyzes effect of customer relationship management to innovation and business performance clothing company in city of Malang. company has a problem that is rarely done for fear of innovation products are not sold on market that affect performance of company, so companies need to implement customer relationship management as a basis for innovation activities to achieve better business performance. In this study measured effect of customer relationship management with variable gain customers (acquire), improve customer relationships (enhance), maintaining customers (retain) to companys innovation, which is n measured effect of innovation on business performance. Analysis techniques using path analysis. results show some of findings, first get a new customer (acquire) directly affect companys innovation. Second, improve customer relationships (enhance) directly affect companys innovation. Third, retain customers (retain) directly affect companys innovation. Fourth, innovation directly affect business performance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/APR/p/041202210
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 09 Oct 2012 16:23
Last Modified: 09 Oct 2012 16:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159868
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item