Analisis Pengaruh Strategi Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Community Development pada Produk Organik (Studi Kasus pada Produk Beras Organik Cap Lumpang Berlian Agro

Utami, VitaKurnia (2014) Analisis Pengaruh Strategi Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Community Development pada Produk Organik (Studi Kasus pada Produk Beras Organik Cap Lumpang Berlian Agro. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian organik adalah sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Kontribusi pasar organik untuk wilayah Asia termasuk Indonesia masih potensial untuk dikembangkan. Pada tahun 2005, pasar beras organik di Indonesia baru mencapai Rp. 28 milyar dengan pertumbuhan sekitar 22 persen per tahunnya. Volume produksi beras organik nasional meningkat dari 1.180 ton ditahun 2001 menjadi hampir 11.000 ton di tahun 2004. Indonesia masih mempunyai potensi besar mengembangkan pertanian organik, khususnya padi organik. Produksi padi organik di Indonesia dimulai di daerah Malang (Jawa Timur), Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Magelang, Boyolali, Sragen (Jawa tengah) (Farmia, 2008). Penelitian ini membahas mengenai penerapan strategi green marketing yang dilakukan oleh Agroindustri produk organik “Sumber Makmur”. Pendekatan pemasaran hijau (green marketing approach) pada area produk hijau ini penting untuk dilakukan dan diaplikasikan dalam kehidupan nyata yakni dapat meningkatkan integrasi dari isu lingkungan pada seluruh aspek dari aktivitas perusahaan, mulai dari formulasi strategi, perencanaan, penyusunan, sampai produksi dan penyaluran atau distribusi dengan para pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis besar pengaruh Green Product, Green Price, Green Place, dan Green Promotion terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara gabungan dan menunjukkan variabel yang paling besar pengaruhnya, (2) Menganalisis besar pengaruh Green Product, Green Promotion dan Keputusan Pembelian terhadap program Community Development (CD), (3) Menganalisis besar pengaruh Green Product, Green Price, Green Place, dan Green Promotion secara tidak langsung melalui Keputusan Pembelian terhadap program Community Development (CD). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Pertama untuk pengambilan data menggunakan kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pada konsumen produk “Lumpang Berlian”. Untuk pengujian deskriptif dilakukan dengan cara menjelaskan karakteristik responden dari 110 responden tersebut. Selanjutnya, akan diuji pengaruh Green Marketing (16 indikator) terhadap Keputusan Pembelian (3 indikator) serta dampaknya terhadap program Community Development (CD) (6 indikator) dengan menggunakan alat Analisis Faktor dan Path (jalur). Cara menganalisis hubungan atau pengaruh diantara ketiga variabel tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 20 WINDOWS ( Statistical Package for Social Science ). Hasil penelitian ini adalah (1) Dari hasil pengujian analisis Path , diketahui bahwa untuk variabel Green Product (X1) , Green Price (X2) , Green Place (X3) , dan Green Promotion (X4) berdasarkan uji Goodness of Fit , Parsial (uji t hipotesis 2 arah) maupun pengaruh secara langsung dan tidak langsung berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) yaitu sebesar sebesar 81.9 persen. Sedangkan sisanya (100 persen - 81.9 persen = 18.1 persen) adalah kemungkinan terdapat aspek-aspek lain yang memiliki pengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Adapun variabel Produk Hijau (Green Product) (X1) memiliki pengaruh paling tinggi diantara sub variabel lain pada Green Marketing (X) yakni sebesar 0.7199 dan yang terendah adalah sub variabel Green Place (X3) dengan nilai sebesar 0.4756. Akan tetapi, jika dilakukan uji parsial berdasarkan nilai probabilitas (α = 0.05), terdapat satu sub variabel Green Place (X3) yang tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai 0.124 0.05. Artinya, semakin tinggi nilai atau penerapan Green Marketing (X) pada Agroindustri beras organik “Lumpang Berlian” Sumber Makmur, maka akan semakin tinggi pula tingkat frekuensi pembelian konsumen produk beras organik tersebut. (2) Dari hasil pengujian diketahui bahwa untuk variabel Product (X1), Promotion (X4) dan Keputusan Pembelian (Y) terhadap Community Development (CD) (Z) yaitu sebesar 63.0%. Sedangkan sisanya (100 persen - 63.0 persen = 37.0 persen) adalah kemungkinan terdapat aspek-aspek lain yang memiliki pengaruh terhadap perubahan Community Development (CD) (Z). Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa konsumen, masyarakat sekitar dan masyarakat luas yang menilai program Community Development (CD) tidak hanya mempertimbangkan variabel Green Marketing ( Product and Promotion ) secara langsung, namun perlu adanya faktor lain yang dapat membentuk pemahaman terhadap produk beras organik “Lumpang Berlian”. (3) Berdasarkan hasil pengujian, semua hubungan yang terjadi antara variabel Green Product (X1) , Green Price (X2) , Green Place (X3) , dan Promosi Green Promotion (X4) secara tidak langsung melalui Keputusan Pembelian (Y) terhadap variabel Community Development (CD) (Z) memiliki hubungan yang signifikan, karena semua probabilitasnya variabel tersebut lebih kecil dari pada 0.05. Artinya, semakin tinggi nilai yang diberikan oleh variabel Keputusan Pembelian, maka akan semakin tinggi pula program Community Development (CD) yang dilaksanakan dan dijelaskan oleh variabel Green Marketing pada pelanggan atau konsumen produk “Lumpang Berlian” Agroindustri Sumber Makmur. Saran dari penelitian ini adalah: (1) Peneliti yang akan datang tidak diharuskan untuk selalu menggunakan variabel green marketing beserta sub variabelnya yang telah di breakdown menjadi beberapa sub variabel yang linear melainkan banyak faktor dan indikator-indikator dalam teori tertentu yang bisa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menerapkan strategi-strateginya dalam menjalankan usahanya antara lain

English Abstract

Organic farming is a system of agriculture that relies on natural ingredients without use of syn tic chemicals. Contribution of organic market for Asian region, including Indonesias potential for development. In 2005, organic rice market in Indonesia reached Rp. 28 billion with a growth of about 22 percent per year. volume of national organic rice production increased from 1,180 tons in 2001 to almost 11,000 tonnes in 2004, Indonesia still has a great potential to develop organic farming, especially organic rice. Organic rice production in Indonesia starts in area of Malang (East Java), Bantul (Yogyakarta) and Magelang, Boyolali, Sragen (Central Java) (Farmia, 2008). This study discusses implementation of green marketing strategies undertaken by Agro-industry of organic products "Sumber Makmur". Green marketing approach in this important area of green products to be applied in real life and that can improve integration of environmental issues in all aspects of companys activities, ranging from strategy formulation, planning, preparation, to production and distribution or distribution with customers. purpose of this study was (1) to analyze influence of Green Product, Green Price, Green Place, and Green Promotion to purchasing decision ei r partially or in combination, and showed greatest effect variables, (2) analyze influence of Green Product, Green Promotion and Purchasing decision of Community Development (CD), (3) to analyze influence of Green Product, Green Price, Green Place, and Green Promotion indirectly through buying decision on Community Development (CD). Methods of data analysis used in this study is descriptive and quantitative analysis. First for data retrieval using a questionnaire which contains questions that will be posed on consumer products "Lumpang Berlian". For descriptive testing done by explaining characteristics of respondents of 110 respondents. Fur rmore, to test effect of Green Marketing (16 indicators) of Purchase Decision (3 indicators) as well as its impact on Community Development (CD) (6 indicators) by using Factor Analysis and Path. Way to analyze relationship or influence among se three variables is done with help of IBM SPSS software WINDOWS 20 (Statistical Package for Social Science). results of this study were (1) From results of path analysis testing, it is known that for variable Green Product (X1), Green Price (X2), Green Place (X3), and Green Promotion (X4) based on Goodness of Fit test, Partial (test t hypo sis 2-way) and influence of direct and indirect significantly influence purchase decision variable (Y) in amount of 81.9 percent. While rest (100 percent - 81.9 percent = 18.1 percent) is possibly some o r aspects that have an influence on purchase decision variable (Y). variables Green Product (X1) has highest influence among o r sub-variables on Green Marketing (X) which is equal to 0.7199 and lowest is sub-variables Green Place (X3) with a value of 0.4756. However, if test is done based on partial probability value ( α = 0:05), re is one sub-variable Green Place (X3) which has no influence on purchase decision (Y) with a value of 0.124 0.05 level. It happened because consumer products organic rice "Lumpang Berlian" knowing that most of dominant organic product is only available in Agroindustry Sumber Makmur has not been marketed in a big scope like malls and so forth. If observed in terms of strategic sales locations, product availability, and so forth. That is, higher value, or application of Green Marketing (X) in organic rice Agroindustry "Lumpang Berlian" Sumber Makmur, higher frequency levels of consumer purchases organic rice products. (2) From test results it is known that for a Product variable (X1), Promotion (X4) and Purchase Decisions (Y) of Community Development (CD) (Z) is equal to 63.0%. While rest (100 percent - 63.0 percent = 37.0 percent) is possibly some o r aspects that have an influence on changes in Community Development (CD) (Z). So it can be concluded that consumers, local communities and society at large that assesses Community Development (CD) not only consider variables of Green Marketing (Product and Promotion) directly, but re needs to be o r factors that can shape understanding of organic rice products "Lumpang Berlian". (3) Based on test results, all relationships that occur between variable Green Product (X1), Green Price (X2), Green Place (X3), and Green Promotion (X4) indirectly through purchase decision (Y) to variable Community Development (CD) (Z) has a significant relationship, because all of se variables probability is less than 0.05 level. That is, higher value variable purchase decision, n higher Community Development (CD) were carried out and described by variables of Green Marketing on customer or consumer products "Lumpang Berlian" Agroindustry of Sumber Makmur. suggestions from this study are: (1) Researchers who will come are not required to always use green marketing variables and sub variables that have dibreakdown into several sub-variables are linear, but a lot of factors and indicators in a particular ory that can be used by a company to implementing his strategies in operations, among o rs, such as, variable advertising and brand awareness, brand equity, trust factor, level of satisfaction and so forth. (2) For fur r research is expected to create some new variables according to field conditions associated with existing ories and has a better impact on variable of Community Development (CD), which are not addressed in this study. (3) It is expected for future researchers, more broadly describe (detail) sub-sub-variable on variable of green marketing, community development and purchasing decisions in order to create a more

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.802/UTA/a/041406410
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 23 Sep 2014 12:31
Last Modified: 23 Sep 2014 12:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159861
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item