Segmentasi Pasar Jasa Layanan Kesehatan Berdasarkan Manfaat yang Dirasakan oleh Pelanggan Jasa Rumah Sakit di Kabupaten Gresik (Studi pada Rumah Sakit Semen Gresik dan Rumah Sakit Petrokimia Gresik)

Farida, Nur (2011) Segmentasi Pasar Jasa Layanan Kesehatan Berdasarkan Manfaat yang Dirasakan oleh Pelanggan Jasa Rumah Sakit di Kabupaten Gresik (Studi pada Rumah Sakit Semen Gresik dan Rumah Sakit Petrokimia Gresik). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Segmentasi pasar telah lama dianggap sebagai salah satu konsep pemasaran yang paling penting yang tersedia bagi para manajer yang berkepentingan dalam memasarkan produk. Dalam pasar yang kompetitif saat ini. Segmentasi pasar merupakan aktivitas pasar yang membagi pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan yang berbeda. Tujuan dari pembagian pasar kedalam beberapa pasar homogen adalah agar pemasar dapat mengarahkan untuk memuaskan kebutuhan spesifik dari tiap target pasar. Pendekatan segmentasi pasar meliputi identifikasi manfaat yang dicari oleh kelompok homogen yang berbeda, yang memungkinkan sifat-sifat dan permintaan yang relevan ditentukan dan digunakan sebagai sumber diferensiasi jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar jasa Rumah Sakit Semen Gresik dan Rumah Sakit Petrokimia Gresik yang terbentuk berdasarkan manfaat yang dirasakan oleh pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan riset deskriptif, sampel yang digunakan sebanyak 110 responden. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksplanatory analysis factor, cluster analysis dan analisis tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Segmentasi pasar jasa Rumah Sakit Semen Gresik dan Rumah Sakit Petrokimia Gresik dapat dibentuk berdasarkan manfaat yang dirasakan oleh pelanggan. Manfaat pembentuk tersebut yaitu manfaat kualitas layanan, manfaat bauran pemasaran, manfaat keahlian, manfaat kecepatan dan ketepatan. Keempat manfaat tersebut menghasilkan tiga segmen pasar jasa layanan kesehatan berdasarkan manfaat yang dirasakan oleh pelanggan. Ketiga segmen tersebut yaitu: Segmen 1 dengan anggota kelompok yang relatif sedikit yaitu 35%, manfaat yang diperhatikan hanya aspek manfaat kualitas layanan, sehingga diberi nama segmen layanan, Segmen II dengan anggota kelompok menduduki peringkat pertama yaitu sebesar 38%, mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi terhadap aspek manfaat, sehingga diberi nama segmen bauran pemasaran, Segmen III dengan anggota kelompok menduduki peringkat kedua yaitu sebesar 37%, mempunyai tingkat kepedulian yang kurang terhadap aspek manfaat, sehingga diberi nama segmen ketepatan dan kecepatan layanan.

English Abstract

Market segmentation has long been regarded as one of most important marketing concepts are available for managers interested in marketing product. In todays competitive market. Market segmentation is a market activity which divide market into groups of buyers who are distinguished according to different needs. purpose of division of market into several homogeneous market is for marketers to drive to satisfy specific needs of each target market. Market segmentation approach involves identifying benefits sought by different homogeneous groups, which allows properties and relevant request is determined and used as a source of service differentiation. This study aims to determine market segmentation Semen Gresik Hospital services and Hospital Petrokimia Gresik is formed based on benefits perceived by customer. This research was conducted with descriptive research approach, sample of 110 respondents. Methods of data analysis used in this research is explanatory factor analysis, cluster analysis and cross tabulation analysis. results showed that: Market segmentation Semen Gresik Hospital services and Petrokimia Gresik Hospital can be formed based on benefits perceived by customer. Benefits of forming se namely service quality benefits, benefits of marketing mix, benefits of expertise, benefits of speed and accuracy. four benefits that resulted in three market segments based on benefits of health services perceived by customers. se segments are: Segment 1 with a relatively small group members, namely 35%, benefits paid attention only benefit aspects of service quality, hence ir name service segment, segment II, with members of group that is ranked first by 38%, have a high level of awareness against aspects of benefits, hence ir name marketing mix segment, segment III with members of group that is ranked second by 37%, had levels of less concern regarding aspects of benefits, so that segment named accuracy and speed of service.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.802/FAR/s/041102534
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 06 Oct 2011 09:14
Last Modified: 06 Oct 2011 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159852
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item