Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Susu Formula Anak (Balita) di Kota Malang

Suroto, Karunia Setyowati (2013) Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Susu Formula Anak (Balita) di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan susu formula sebagai pendamping dan pengganti ASI menjadi salah satu alternatif yang tidak dapat dihindarkan oleh orang tua. Meningkatnya angka kelahiran di Kota Malang diasumsikan berdampak kepada meningkatnya permintaan susu formula untuk anak balita. Tentunya hal ini menjadi peluang bagi banyak perusahaan untuk memperluas pasar. Dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan berbagai merek susu formula, maka ibu-ibu dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Pilihan tersebut mempersulit mereka untuk mengambil sebuah keputusan pembelian karena banyaknya faktor yang mempengaruhi. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan perilaku konsumen yang terdiri atas budaya, sosial, pribadi, psikologis, produk dan harga. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh variabel budaya, sosial, pribadi, psikologis, produk dan harga secara bersama-sama terhadap proses keputusan pembelian susu formula anak (balita) di Kota Malang, (2) untuk menganalisis pengaruh variabel budaya, sosial, pribadi, psikologis, produk dan harga secara parsial terhadap proses keputusan pembelian susu formula anak (balita) di Kota Malang dan (3) untuk menganalisis variabel-variabel mana saja yang memiliki pengaruh dominan terhadap proses keputusan pembelian susu formula anak (balita) di Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang yang memiliki 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Lowokwaru, Kedungkandang, Sukun, Blimbing dan Klojen, pada bulan Nopember-Desember 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yang bersifat explanatory research (penelitian penjelasan). Dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen khususnya para ibu-ibu rumah tangga baik bekerja maupun tidak bekerja, yang memiliki anak dalam pengambilan proses keputusan pembelian susu formula bagi buah hatinya di Kota Malang. Pada penelitian ini data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan cara memberikan daftar pertanyaan (kuisioner) yang telah disiapkan kepada responden, yakni ibu-ibu yang memiliki anak balita usia 0-5 tahun. Untuk pengukuran data responden digunakan skala likert. Skala likert ( summeted-ratings scale ) adalah teknik pengukuran sikap yang paling luas digunakan dalam riset. Skala ini memungkinkan untuk mengekspresikan intensitas perasaan responden. Pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan tertutup, pilihan jawaban dibuat berjenjang mulai dari intensitas paling rendah sampai paling tinggi (Simamora, 2004). Pilihan jawaban dari pertanyaan tersebut ada lima, yakni: Sangat tidak setuju (skor = 1), Tidak setuju (skor = 2), Netral (skor = 3), Setuju (skor = 4) dan Sangat setuju (skor = 5). Data sekunder diperoleh dari laporan ilmiah, catatan atau dokumen dari instansi terkait maupun literatur atau referensi yang relevan dengan penelitian. Sampel yang diteliti sebanyak 120 orang (responden), yakni Ibu-ibu yang memiliki anak usia 0-5 tahun dan menggunakan susu formula di posyandu-posyandu yang ada di 5 Kecamatan di Kota Malang. Pengambilan sampel dilakukan secara accidential sampling . Untuk mengetahui sejauh mana instrumen penelitian ini dapat dipercaya, maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu dengan analisis program SPSS 18.0 for Windows Evaluation Version . Analisis regresi berganda digunakan untuk memprediksi besarnya pengaruh variabel bebas (X) yang terdiri atas budaya (X 1 ), sosial (X 2 ), pribadi (X 3 ), psikologis (X 4 ), produk (X 5 ) dan harga (X 6 ), terhadap variabel terikat (Y) yaitu proses keputusan pembelian susu formula anak di Kota Malang. Rumusnya adalah: Y = a+b 1 X 1 +b 2 X 2 +b 3 X 3 +b 4 X 4 +b 5 X 5 +b 6 X 6 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis, produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian susu formula anak di Kota Malang. Namun demikian, enam faktor tersebut memberikan kontribusi 83,5% terhadap variasi keputusan pembelian susu formula, sedangkan sisanya 16,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan di dalam model analisis. Secara parsial, faktor budaya, sosial dan psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian susu, sedangkan faktor pribadi, produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian susu formula. Faktor budaya merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian susu formula.

English Abstract

use formula milk to substitute breastfeeding has become one of alternatives for mo rs having under-five year old children. increasing number of births at Malang City results in increasing demand for milk formula for under-five year old children. This is an opportunity for many companies to expand market. With so many companies offering various brands of formula milk, many mo rs are faced with a variety of choices that make m difficult to make buying decision because of are many factors influencing buying decision, such as cultural, social, personal, psychological, product and price. purposes of this study were to analyze simultaneous and partial effects of cultural, social, personal, psychological, product and price variables on buying decision of formula, and to analyze variables having dominant influence on buying decisions of formula milk at Malang City. This study was conducted at five districts of Malang City, i.e. Lowokwaru, Kedungkandang, Blimbing, Sukun and Klojen Districts from in November 2012 to December 2012. method used for this study was a explanatory survey method. Data collected for this study were primary and secondary data. primary data were obtained by distributing a list of questions (questionnaire) to respondents. Data of respondents were measured using Likert scale. answer choices were hierarchaly made starting from lowest intensity to highest. re were five possible answers, i.e.: Strongly disagree (score = 1), Disagree (score = 2), Neutral (score = 3), Agree (score = 4) and Strongly Agree (score = 5). Secondary data were collected from reports, records or documents from relevant authorities as well as literature or references that are relevant to this study. re were 120 mo rs having under-five year old children who have been using formula milk were selected as respondents for this study. Sampling was conducted in accidental sampling. Validity and reliability of instrument (questionnaire) were tested prior to data analysis. A multiple linear regression model was used to predict effect of independent variables (X) that comprising culture (X 1 ), social (X 2 ), personal (X 3 ), psychological (X 4 ), product (X 5 ) and price (X 6 ), on dependent variable (Y) of buying decision. equation employed was Y = a + b 1 X 1 + b 2 X 2 + b 3 X 3 + b 4 X 4 + b 5 X 5 + b 6 X 6 . results showed that simultaneously, cultural, social, personal, psychological, product and price significantly affected purchasing decision of formula milk for under-five year old children at Malang City. six factors contributed 83.5% of variation in formula milk purchasing decision, while remaining 16.5% was influenced by o r factors that were not included in model of analysis. Partially, cultural, social and psychological positively influenced purchasing decisions of formula milk, while personal, product and price factors did not significantly influence purchasing decision of formula milk. Cultural factor was most dominant factor affecting purchasing decision of formula.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/SUR/f/041305366
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 27 Oct 2013 15:50
Last Modified: 30 Mar 2022 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159845
[thumbnail of Karunia Setyowati Suroto.pdf] Text
Karunia Setyowati Suroto.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (81kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (29kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item