Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran dan Lingkungan Individu terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Bintang Tiga di Kota Manado

Rogi, MirahHelen (2011) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran dan Lingkungan Individu terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Bintang Tiga di Kota Manado. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan giatnya pemerintah Sulawesi Utara dalam meningkatkan pariwisata daerah, pertumbuhan investasi pada jasa perhotelan juga semakin meningkat, hal ini terlihat dengan bertambahnya jumlah hotel-hotel baru di setiap tahunnya khususnya hotel berbintang, yang penyebarannya lebih terkonsentrasi di kota Manado sebagai ibukota propinsi. Ketersediaan jasa perhotelan yang memadai sebagai sektor penunjang pariwisata memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kesuksesan kepariwisataan daerah, namun di sisi lain semakin mempertajam tingkat persaingan pelaku bisnis perhotelan di kota Manado dalam hal ini hotel-hotel berbintang. Ada berbagai faktor yang harus diperhatikan oleh pihak pengelola perhotelan dalam persaingan untuk menarik calon konsumen agar dapat meningkatkan tingkat huniannya, antara lain yaitu faktor bauran pemasaran dan lingkungan sosial individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial faktor Bauran Pemasaran Jasa yang terdiri atas produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, bukti fisik ; dan faktor Lingkungan Individu Konsumen yang terdiri atas keluarga, kelompok referensi, serta peran dan status terhadap keputusan menginap pada hotel bintang tiga di kota Manado, serta menganalisis dan mengidentifikasi faktor mana yang mempunyai pengaruh yang paling dominan. Penelitian ini dilakukan pada 5 (lima) hotel bintang tiga di kota Manado, Sulawesi Utara, yakni Hotel Gran Central, Hotel Travello, Hotel Formosa, Hotel Sahid Kawanua dan Hotel Sahid Manado. Populasi penelitian ini adalah seluruh tamu hotel yang menggunakan jasa penginapan di lima hotel tersebut, dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling dimana responden harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan peneliti. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 165 responden, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) faktor Bauran Pemasaran Jasa yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, bukti fisik ; serta Lingkungan Individu yang terdiri dari keluarga, kelompok referensi, peran dan status secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap pada hotel bintang 3 di kota Manado. (2) faktor Bauran Pemasaran Jasa yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, bukti fisik ; serta faktor Lingkungan Individu yakni peran dan status secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap pada hotel bintang 3 di kota Manado, sedangkan dua faktor Lingkungan Individu, yaitu keluarga dan kelompok referensi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap pada hotel bintang 3 di kota Manado. (3) sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan menginap pada hotel bintang 3 di kota Manado adalah faktor harga .

English Abstract

government of North Sulawesi work hard to improve local tourism. Investment in hotel service is dramatically grown through establishment of new hotels every year, including three-star hotels. distribution of hotels seems more concentrated into Manado City as capital of province. Hotel service as supporting factor for tourism has great contribution to local tourism success. In o r side, it produces strict competition between hotel businesses, especially star hotels, in Manado. Some factors are considered by hotel management in competing for consumer potential to increase occupation rate. Two main factors are concerned, which are marketing mix and individual social environment. objective of this research is to analyze simultaneous and partial effect of service marketing mix factors, such as product, price, location, promotion, people, process, and physical evidence , and also consumer individual environment factors such as family, reference group, role and status , on decision to stay overnight in three-star hotels in Manado. Research also attempts to analyze and to identify which factor with most dominant effect. Research is conducted in five three-star hotels in Manado, North Sulawesi. se hotels are Grand Central Hotel, Travello Hotel, Formosa Hotel, Sahid Kawanua Hotel, and Sahid Manado Hotel. population of this research is all hotel visitors who stay overnight in se five hotels. Sampling method is purposive sampling in which respondent must meets some criteria. number of sample is 165 respondents. analysis technique used is confirmatory factor analysis and multiple linear regression. Result of this research indicates that: (1) service marketing mix factors, such as product, price, location, promotion, people, process, and physical evidence , and consumer individual environment factors such as family, reference group, role and status , have significant effect simultaneously on decision to stay overnight in three-star hotel in Manado; (2) service marketing mix factors, such as product, price, location, promotion, people, process, and physical evidence , and consumer individual environment factor, that is role and status , have significant effect partially on decision to stay overnight in three-star hotel in Manado. Two individual environment factors, family and reference group are not having partial significant effect on decision to stay overnight in three-star hotel in Manado; and (3) most dominant factor in affecting decision to stay overnight in three-star hotel in Manado is price factor.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/ROG/p/041105012
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 12 Dec 2011 15:02
Last Modified: 12 Dec 2011 15:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159842
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item