Strategi Relationship Marketing Dalam Upaya Menciptakan Loyalitas Pelanggan Bagi Pengguna Telkom Flexi di Malang : Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UB Malang.

Ervani, Yudi (2010) Strategi Relationship Marketing Dalam Upaya Menciptakan Loyalitas Pelanggan Bagi Pengguna Telkom Flexi di Malang : Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UB Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh variabel-variabel Relationship Marketing mana yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan dapat memprioritaskan program-program pemasarannya. Lokasi penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, dengan populasi seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi UB pengguna Telkom Flexi. Sampel penelitian ini menggunakan accidental sampling . Ada dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel terikat dan variabel babas. Variabel terikatnya adalah loyalitas pelanggan sedangkan variabel bebasnya adalah keuntungan bersama, komitmen, kebenaran, komunikasi yang dijabarkan ke dalam delapan belas indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keuntungan bersama, komitmen, kebenaran, komunikasi berpengaruh secara persial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel komitmen yang dijabarkan melalui indikator yang terdiri dari : menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan, menjaga kualitas dan kuantitas SDM, memperbanyak outlet transaksi, dan memberikan alternatif produk yang lebih praktis dan efisien. Hasil dari penelitian ini juga menerangkan bahwa pengaruh yang diwakili oleh variabel Relationship Marketing sebesar 58,9% sedangkan sisanya 41,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/ERV/s/041003092
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Nov 2010 10:27
Last Modified: 26 Nov 2010 10:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159829
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item