Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Dipertimbangkan Petani dalam Keputusan Pembelian Benih Jagung Hibrida Merek Dekalb (Studi pada Petani Jagung Hibrida di Lahan Sawah Kabupaten Kediri/Nganju

Djulkarnain, Wildi (2011) Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Dipertimbangkan Petani dalam Keputusan Pembelian Benih Jagung Hibrida Merek Dekalb (Studi pada Petani Jagung Hibrida di Lahan Sawah Kabupaten Kediri/Nganju. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Benih jagung hibrida merupakan bahan baku penting dalam budidaya jagung hibrida. Pemilihan benih jagung hibrida yang unggul sangat menentukan keberhasilan panen jagung dan pendapatan petani. Perusahaan penghasil benih perlu mengetahui bauran pemasaran apa saja yang dipertimbangkan petani dalam memilih benih jagung hibrida. Hal ini penting untuk bisa menentukan strategi pemasaran benih unggul yang disukai petani. Tujuan penelitian ini adalah, pertama, untuk menganalisa signifikansi faktor produk, harga, tempat dan promosi dalam bauran pemasaran yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian benih jagung hibrida, kedua, untuk menganalisa faktor dominan yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian benih jagung hibrida dan ketiga, u ntuk mengevaluasi perbandingan tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran antara segmen petani sawah dan segmen petani tegalan pada industri benih jagung hibrida. Metodologi yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Responden pada penelitian ini adalah petani jagung hibrida yang menggunakan benih jagung hibrida di Provinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan di Kediri-Nganjuk yang merupakan segmen pasar lahan sawah dan Tuban-Lamongan yang merupakan segmen pasar lahan tegalan. Responden dipilih menggunakan metode purposive dengan jumlah sampel 361 responden. Analisa penelitian menggunakan Analisis Faktor Konfirmatori untuk mengetahui variabel-variabel yang relevan, analisa regresi berganda untuk mengetahui signifikansi faktor-faktor produk, harga, promosi dan distribusi dan pengaruh faktor yang dominan dalam bauran pemasaran, dan yang terakhir menggunakan analisis varian untuk mengevaluasi perbandingan tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran antara segmen petani sawah dan segmen petani tegalan Penelitian menunjukkan bahwa faktor produk, harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian benih jagung hibrida. Secara parsial, faktor produk, promosi dan distribusi masing-masing berpengaruh signifikan, kecuali faktor harga tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Diantara keempat bauran pemasaran, produk merupakan faktor yang dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian juga menunjukkan bahwa petani lahan sawah dan petani lahan tegalan tidak menunjukkan perbedaan tanggapan terhadap bauran pemasaran secara keseluruhan.

English Abstract

Hybrid corn seed is an important agro-input in corn cultivation. Selecting best quality of corn seed is cruisial to determine success of yield and farmer`s income. Practitioners in corn seed hybrid industries must know what marketing mix factors that influencing farmers to choose hybrid corn seed. main purposes of this study were, first, to evaluate significant effects among marketing mix factors (product, price, promotion and place) to buying decisions of hybrid corn seeds, second, to determine dominant effect to buying decisions and third, to evaluate customer`s attitude toward marketing mix between lowland market and upland market of hybrid corn seed industry. methodology used in this study was survey through distribution of questionnaires to respondents. Respondents of this study was hybrid corn farmers who have used company hybrid corn seed product and cultivate corn in East Java Province. study was conduct in Kediri-Nganjuk which was representative area of lowland market and in Tuban-Lamongan which was representative area of upland market. respondents was selected by purposive sampling methods with samples of 361 respondents. study used three analitical tools, first, Confirmatory Factor Analysis to evaluate relevant variables in marketing mix, second, multiple regression analysis to evaluate significant effects among marketing mix factors and dominan factors and ,third, using Analysis of Varians to evaluate customer`s attitude toward marketing mix between lowland market and upland market. results showed that four factors of marketing mix influenced significantly hybrid corn seed buying desicions. Partially, product, promotion and place influenced significantly but not price. Among marketing mix factors, product performed dominant factor influencing buying desicion. study was also revealed that two market segments were not perceived differently toward overall marketing mix.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/DJU/a/041105110
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 09 Dec 2011 09:45
Last Modified: 09 Dec 2011 09:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159828
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item