Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen untuk Memilih KPR Bank "X" (Studi pada PT. Bank "X" Kantor Cabang Blitar)

Dhani, Azhar (2011) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen untuk Memilih KPR Bank "X" (Studi pada PT. Bank "X" Kantor Cabang Blitar). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan masyarakat memiliki rumah membuat berbagai Institusi pembiayaan khususnya Perbankan untuk menarik konsumen dalam Kredit Pemilikan Rumah. Keputusan konsumen dalam hal ini dipengaruhi oleh Variabel Bauran Pemasaran yang terdiri dari: Produk, Harga, Tempat/lokasi pelayanan, Promosi, Orang, Sarana fisik dan Proses. Penelitian ini menganalisa pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan konsumen untuk memilih KPR Bank X pada PT. Bank X Kantor Cabang Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel produk, harga, tempat/lokasi pelayanan, promosi, orang, sarana fisik dan proses terhadap keputusan konsumen untuk memilih KPR Bank X sebagai kredit kepemilikan rumah dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih KPR Bank X sebagai kredit kepemilikan rumah. Pendekatan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif yang didukung survey, bersifat eksplanatori, dimana seluruh variabel diukur dengan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS Versi 15.0. Uji F, Uji t, dan R² dmaksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap independen dengan derajat keyakinan 95% atau α = 0,05. Hasil pengujian secara uji simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel produk, harga, tempat/lokasi pelayanan, promosi, orang, sarana fisik dan proses terhadap keputusan konsumen dalam memilih KPR Bank X. Sedangkan pada uji parsial terdapat pengaruh signifikan dari variabel produk, harga, orang, sarana fisik dan proses terhadap keputusan konsumen dalam memilih KPR Bank X. Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah produk (beta 0.088). Koefisien determinasi R Square menunjukkan nilai sebesar 0.653 atau 65.3%. Artinya bahwa variabel keputusan konsumen dipengaruhi sebesar 65.3% oleh produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses.

English Abstract

people needs to have a living home, make various financial institutions, especially banks to attract consumers in mortgage. Consumer decision in this case is influenced by variables that consist of Marketing Mix: product, price, place, promotion, people, physical evidence and process. This study analyzes influence of marketing mix on consumer decision to select a mortgage product at PT. Bank X. purpose of this study is to investigate influence of product, price, place, promotion, people, physical evidence and process variables of consumer decision to choose KPR Bank X as mortgage and to find out where most dominant variable in influencing consumers decision to choose KPR Bank X as ir mortgage loan. This research are descriptive quantitative approach with survey method. This research constitutes explanatory and all of variables are measured by likert scale. method of analyze is multiple regression analysis with SPSS Version 15.0. F test, t test, and R ² in order to explain effect intended by independent variable to independent with confidence interval 95% or α = 0.05. test results for simultaneous tests have a significant influence between product, price, place, promotion, people, physical evidence and process variables of consumer decision to choosing KPR Bank X. While partial test variables have a significant influence of product, price, people, physical evidence and process of consumer decision to choose KPR Bank X. most dominant influential variable is product (beta: 0088). determinant coefficient (R²) of regression result is 65.3%, indicating that independent variables (product, price, place, promotion, people, physical evidence and process) were able to explain 65.3% to dependent variabel (Consumer Decision).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/DHA/p/041103910
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 07 Oct 2011 15:29
Last Modified: 07 Oct 2011 15:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159827
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item