Pengaruh Image dan Komitmen terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Mahasiswa (Studi pada POLINEMA Jurusan Administrasi Niaga)

Basuki, RSugeng (2012) Pengaruh Image dan Komitmen terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Mahasiswa (Studi pada POLINEMA Jurusan Administrasi Niaga). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris: (1) Apakah image mahasiswa pada dosen berpengaruh terhadap loyalitas secara langsung ataukah tidak langsung melalui kepuasan. (2) Apakah komitmen mahasiswa terhadap peraturan di Jurusan Administrasi Niaga berpengaruh terhadap loyalitas secara langsung ataukah tidak langsung melalui kepuasan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Program Studi D3 angkatan 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dan populasi yang sekaligus menjadi sampel penelitian ini berjumlah 155 mahasiswa. Dari kuesioner yang disebar, sebanyak 145 kuesioner kembali atau dengan tingkat pengembalian 93,55 %. Analisis jalur digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Image mahasiswa pada dosen tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas melainkan berpengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan. (2) Komitmen mahasiswa terhadap peraturan Jurusan Administrasi Niaga tidak berpengaruh terhadap loyalitas baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan, melainkan kepuasan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas.

English Abstract

Research actually aims at examinating and taking empirical evidence on: (1) Does image of students on faculty influence loyalty directly or indirectly through satisfaction. (2) Does students commitment to rules in Department of Business Administration direct affect on loyalty or indirectly through satisfaction. research population is students Commerce Department Administrative Studies Program class D3, 2008/2009. study is a population study, and a sample population of this study amounted to 155 students. From questionnaires distributed, a total of 145 questionnaires were returned, or rate of return was 93.55%. Path analysis is used to perform hypo sis testing. results of this research indicate that: (1) Image of students of faculty does not directly influence loyalty but indirectly through satisfaction. (2) Commitment of Student Administration Department of Commerce regulations does not affect loyalty both directly and indirectly through satisfaction, but satisfaction directly affects loyalty.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/BAS/p/041201568
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Jun 2012 15:20
Last Modified: 04 Jun 2012 15:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159823
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item