Analisis Variabel Marketing Mix yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Oleh-oleh Makanan Khas Malang

Agustin, DyahRahayu (2011) Analisis Variabel Marketing Mix yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Oleh-oleh Makanan Khas Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang terkenal dengan oleh-oleh khasnya yang berbahan baku apel dan tempe dengan aneka hasil olahannya seperti keripik apel, dodol apel, minuman sari apel, cuka apel, pia apel dan bahkan sambel apel, dimana pertumbuhan bisnis oleh-oleh sebagai bagian dari industri (makanan) dapat disejajarkan dengan pertumbuhan industri makanan dan minuman. Penelitian ini menganalisa pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk oleh-oleh makanan khas Malang yang sudah pernah melakukan pembelian makanan khas Malang sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 100 orang responden ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dengan menggunakan model regresi linear berganda, variabel produk, variabel harga, variabel promosi dan variabel distribusi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 86,6%. Melalui pengujian secara parsial, ditemukan bahwa variabel produk, variabel harga, variabel promosi dan variabel distribusi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel promosi adalah variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi parsial (R 2 ) variabel promosi memiliki nilai terbesar yaitu sebesar (32,8%).

English Abstract

Malang city famous for its by- signature is made from raw apples and tempeh with a variety of processed products such as apple chips, lunkhead apples, drink apple cider, apple vinegar, pia even apples and apple sauce, where business growth by-by as part of industry (food) can be equated with growth of food and beverage industry. This study analyzes influence of marketing mix on purchase decisions. This research was conducted on consumer product gift specialties Malang who has never done before Malang special food purchases. Results of research conducted on 100 respondents showed that based on testing by using multiple linear regression model, variable products, variable pricing, promotion and variable distribution of variables toge r significantly influence consumer purchase decisions, with a coefficient of determination (R 2 ) of 86.6%. Through partial testing, it was found that variable products, variable pricing, promotion and variable distribution variable has a significant influence on consumer purchasing decisions. Promotion variables are variables that have a dominant influence on consumer purchase decisions. This can be seen from results of partial coefficient of determination (R 2 ) promotion variables have greatest value yaiut registration (32,8%).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/AGU/a/041200045
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 25 Apr 2012 12:55
Last Modified: 25 Apr 2012 12:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159820
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item