Kurniawan, Prasetyo (2011) Analisis Variabel yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Asuransi Jiwa B-Life Plan Multipro pada Bancassurance PT. BNI Life Insurance di BNI Cabang Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bauran pemasaran jasa, variabel individu dan variabel lingkungan terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa B-Life Plan Multipro. Secara teoritis, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran khususnya dalam hal variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian asuransi sehingga perusahaan dapat bertahan dan berkembang dalam persaingan bisnis. Secara praktis, penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan kajian bagi BNI dan BNI Life dalam menetapkan strategi pemasaran yang tepat bagi penjualan B-Life Plan Multipro. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif dan bersifat Explanatory Research , yaitu untuk melihat pengaruh antar variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Populasinya adalah seluruh pemegang polis B-Life Plan Multipro di Malang raya yang berjumlah 148 nasabah. Dengan rumus Slovin, maka dapat diambil sampel sebanyak 60 orang dengan cara pengambilan simple random sampling . Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Serta sebelumnya diawali dengan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa, variabel individu dan variabel lingkungan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa B-Life Plan Multipro. Sedangkan secara parsial, variabel bauran pemasaran jasa, variabel individu dan variabel lingkungan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa B-Life Plan Multipro. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk B-Life Plan Multipro adalah variabel bauran pemasaran jasa.
English Abstract
This study aims to determine effect of service marketing mix variables, individual variables and environmental variables to decision of purchasing life insurance products B-Life Plan Multipro. oretically, this research aims to contribute to development of management science, especially marketing management, especially in terms of variables that affect insurance purchasing decisions so that companies can survive and thrive in business competition. Practically, this research can be useful as study materials for BNI and BNI Life in determining right marketing strategy for sale of B-Life Plan Multipro. This research use descriptive method and explanatory Research approach, which is to see influence between variables and hypo ses that have been formulated. population is all policy holders of B-Life Plan Multipro in Malang area, are 148 customers. With Slovin formula, it can be taken a sample of 60 people in a way making simple random sampling. analysis technique used is multiple linear regression analysis. And before starting with test validity and reliability and also classical assumption test. results showed that service marketing mix variables, individual variables and environmental variables simultaneously significantly influence purchase decision of life insurance products Multipro B-Life Plan. While partially, service marketing mix variables, individual variables and environmental variables also have significant influence purchasing decisions of life insurance products B-Life Plan Multipro. most dominant variable influencing purchase decision-products B-Life Plan Multipro is service marketing mix variables.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.72/KUR/a/041105181 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.7 Management of materials |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 14:05 |
Last Modified: | 19 Dec 2011 14:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |