Peran Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kelompok Ina Ndao Dalam Meningkatkan Kinerja Produksi IKM Tenun Ikat Mira Keddi di Kota Kupang.

Anaboeni, FraymondJuliard (2016) Peran Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kelompok Ina Ndao Dalam Meningkatkan Kinerja Produksi IKM Tenun Ikat Mira Keddi di Kota Kupang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menguraikan berbagai peran dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kelompok Ina Ndao dalam meningkatkan kinerja produksi IKM tenun ikat Mira Keddi di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan interaktif model. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Pemerintah Nusa Tenggara Timur dalam meningkatkan kinerja produksi IKM Mira Keddi di Kota Kupang sesuai dengan arah kebijakan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) meliputi program pengembangan berupa pelatihan seperti teknik pencelupan benang, pembinaan berupa mengontrol kerja IKM Mira Keddi secara langsung dan berdiskusi mengenai teknik pencelupan dan pewarnaan yang baik dan benar, bantuan peralatan dan bahan baku produksi berupa bokor, gayung, kompor, benang, dan zat pewarna kimia, sedangkan peran kelompok dalam meningkatkan kinerja produksi IKM Mira Keddi sesuai dengan program kerja yang menjadi yang menjadi tugas utama dalam pembinaan berupa mengontrol kerja IKM Mira Keddi serta memberikan motif-motif baru serta memberikan arahan untuk mengubah manajemen kerja, serta adapun upaya pengembangan yang juga dilakukan kelompok tenun ikat Ina Ndao terhadap perkembangan IKM binaan Ina Ndao untuk Kota Kupang yaitu inovasi produk berupa inovasi pewarnaan menggunakan pewarna alam dan membuat perpaduan motif suatu daerah kedalam satu lembar kain tenun, membuat diversifikasi produk dalam beberapa bentuk barang seperti baju, tas, sepatu, dasi dan topi, serta upaya pengembangan pasar seperti memberikan kebebasan kepada IKM untuk memasarkan sendiri hasil produksinya sehingga tidak bergantung kepada Ina Ndao.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.5/ANA/p/2016/041612713
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:50
Last Modified: 19 Dec 2016 13:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159777
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item