Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Universitas Brawijaya Malang)

Sukmawati, Anistya (2016) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Universitas Brawijaya Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, asimetri informasi, ketaatan aturan akuntansi, dan perilaku etis terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Wilopo (2006). Penelitian ini berangkat dari research gap bahwa kompensasi yang sesuai yang diberikan perusahaan, ternyata tidak menurunkan perilaku kecenderungan kecurangan akuntansi. Penelitian juga dikembangkan dengan membuat model perilaku tidak etis sebagai variabel intervening. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) menggunakan software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan asimetri informasi, ketaatan aturan akuntansi, dan perilaku tidak etis terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kecenderungan kecurangan akuntansi seharusnya dapat diturunkan dengan meningkatkan keefektifan pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, serta menghilangkan asimetri informasi. Namun penelitian ini menemukan hal yang bertentangan dengan hipotesis serta teori dan hasil penelitian sebelumnya, bahwa kompensasi yang sesuai yang diberikan ternyata tidak menurunkan perilaku tidak etis dan kecenderungan kecurangan akuntansi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.473/SUK/f/ 2016/041606063
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:54
Last Modified: 18 Aug 2016 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item