Analisis Pengaruh Gejala Stres Kerja terhadap Produktivitas dan Kinerja Karyawan Asuransi Bumiputera di Kota Malang

Ananta, NitaEricia (2011) Analisis Pengaruh Gejala Stres Kerja terhadap Produktivitas dan Kinerja Karyawan Asuransi Bumiputera di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara variabel gejala stres kerja dan produktivitas terhadap kinerja pada karyawan agen produksi Asuransi Bumiputera di Kota Malang. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan agen produksi Asuransi Bumiputera di Kota Malang yaitu Asuransi Bumiputera Kantor Cabang Celaket dan Asuransi Bumiputera Kantor Cabang Kayutangan. Dari 69 kuisioner yang disebar ke responden diperoleh 64 kuisioner yang bisa digunakan untuk analisis. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gejala stres kerja berpengaruh terhadap produktivitas. Sedangkan gejala stres kerja berpengaruh terhadap kinerja. Dengan menggunakan analisis jalur maka kinerja karyawan agen produksi Asuransi Bumiputera di Kota Malang dipengaruhi oleh variabel gejala stres kerja melalui produktivitas. Dalam penelitian ini Gejala stres rendah, produktivitas karyawan jelek dan kinerja karyawan tinggi. Hal ini disebabkan karena pada umumnya penilaian kinerja dilihat dari hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut, bukan tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya. Sedangkan pada Agen Produksi Asuransi Bumiputera di Kota Malang, seseorang dikatakan produktif bukan hanya dilihat dari pencapaian target dan realisasi dari karyawan agen produksi saja, namun lebih dipertimbangkan mengenai prinsip dasar yang dapat dijadikan acuan bersama agar dapat mencapai hasil yang diharapkan.

English Abstract

This research goal is to determine and analyze effect between work stress symptoms variables and productivity on performance in Bumiputra`s Insurance company direct and indirect. This research is using all of company employee of insurance production agency in Malang namely Bumiputera Insurance Branch Celaket and Bumiputera Insurance Branch Kayutangan. From all of 69 questioner only 64 was able to being used as analysis. result is analyze by using path analysis. results of this study indicate that symptoms of work stress affect productivity. While symptoms of work stress affect performance. with founding of coefficient value path from work stress symptoms towards productivity and coefficient value path from work stress towards performance, performance of Bumiputra`s Insurance Company employee were significantly influence by work stress symptoms through its productivity. In this research work stress symptoms are low, employee productivity are bad and perfomance are high. This result was caused by valuation of performance was seen by it achievement, not why y do it nor how y do it. While in this Company an employee, said to be productive not just by its target achievement but by its basic principle for wanted result.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 5/ANA/a/041101646
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 06 May 2011 10:35
Last Modified: 06 May 2011 10:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159740
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item