Relevansi Nilai Atas Pengungkapan Aktivitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Csr) Pada Perusahaan Publik Di Beberapa Negara Asean

Narullia, Dwi (2017) Relevansi Nilai Atas Pengungkapan Aktivitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Csr) Pada Perusahaan Publik Di Beberapa Negara Asean. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji relevansi nilai informasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk mengukur nilai perusahaan pada perusahaan di beberapa negara ASEAN. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 213 data observasi dari perusahaan yang termasuk dalam ASEAN Stars selama tahun 2013-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi akuntansi yaitu informasi laba, nilai buku, dan arus kas merupakan informasi yang relevan dalam mengukur nilai perusahaan. Informasi CSR merupakan informasi yang relevan karena mampu meningkatkan relevansi nilai informasi arus kas, namun tidak mampu meningkatkan relevansi nilai informasi laba dan nilai buku perusahaan. Informasi CSR merupakan informasi yang relevan, namun relevansi nilai tersebut belum konsisten. Ketidak konsistenan relevansi nilai informasi CSR mengindikasikan bahwa kualitas laporan CSR masih kurang dan perlu ditingkatkan agar relevansi nilai informasinya menjadi lebih besar dan konsisten. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya informasi nilai buku ekuitas dan arus kas operasi perusahaan mengakibatkan turunnya relevansi nilai informasi laba. Terlepas dari penurunan relevansi nilainya, informasi laba menunjukkan relevansi nilai yang paling konsisten di semua negara, yang berarti informasi laba masih merupakan informasi yang paling relevan untuk mengukur nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/NAR/r/2017/041703037
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Apr 2017 15:39
Last Modified: 19 Apr 2017 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159681
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item