Persepsi Stakeholders Mengenai Kebermanfaatan Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan (Pkbl) Perum Jasa Tirta I

Harijanti, Sri (2016) Persepsi Stakeholders Mengenai Kebermanfaatan Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan (Pkbl) Perum Jasa Tirta I. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi stakeholders, dari sisi masyarakat, mengenai kebermanfaatan CSR dan PKBL Perum Jasa Tirta I dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Wilayah Sungai Kali Brantas, dan untuk memperbaiki sistem CSR dan PKBL Perum Jasa Tirta I. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di masyarakat sekitar wilayah sungai Kali Brantas di wilayah Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bantuan CSR dan PKBL dari Perum Jasa Tirta I selama Tahun 2011-2014 dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar operasional Perum Jasa Tirta I, karena program CSR perusahaan, diprioritaskan sesuai kebutuhan masyarakat, melalui program pemberian bantuan dan pembinaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan, baik dari aspek pendapatan, pendidikan, kesehatan, kualitas lingkungan sosial maupun kualitas lingkungan alam. Program CSR yang diberikan perusahaan sangat dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat disekitar operasional perusahaan terutama di sekitar hulu Sungai Brantas karena terjaganya kelestarian alam disekitar hulu Sungai Brantas, menghindari bencana banjir dan menjamin keberlangsungan air di masa depan. Selain itu juga tanaman hutan dapat dipanen petani hutan sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan kesejahteraan petani hutan. Program PKBL yang diberikan melalui program kemitraan dirasakan sangat membantu masyarakat karena banyak masyarakat ekonomi lemah yang dapat mengembangkan kegiatan usahanya, meningkatkan pendapatan masyarakat dan menghindarkan masyarakat dari jeratan rentenir sehingga kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan. Dari pelaksanaan CSR dan PKBL Perum Jasa Tirta I juga dapat meningkatkan legitimasi perusahaan dan citra baik perusahaan, yang dapat dilihat dari penerimaan beberapa penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/HAR/p/2016/041607135
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:56
Last Modified: 12 Jan 2017 08:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159677
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item