Pengaruh Tata Kelola Korporat terhadap Efisiensi Usaha dengan Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi

Putri, IntanLifindaAyuning (2016) Pengaruh Tata Kelola Korporat terhadap Efisiensi Usaha dengan Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh tata kelola korporat terhadap efisiensi usaha dengan struktur kepemilikan dan struktur modal sebagai variabel moderasi. Tata kelola korporat diproksikan dengan ukuran dewan direksi, ukuran komisaris independen, ketekunan dewan komisaris, dan ukuran komite audit. Struktur kepemilikan diukur berdasarkan kepemilikan institusi, dan struktur modal diukur dengan menggunakan debt to equity ratio (DER). Efisiensi usaha dihitung berdasarkan data envelopment analysis (DEA) menggunakan variabel return to scale (VRS) yang berorientasi input. Sampel yang digunakan adalah 55 perusahaan dari populasi 135 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan didapatkan total 165 pengamatan untuk periode 2013-2015. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode pengambilan sampel berdasarkan kriteria. Penelitian ini menggunakan model regresi tobit dan pendekatan analisis regresi moderasi melalui metode analisis regresi berjenjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data envelopment analysis (DEA), 13 perusahaan manufaktur efisien pada tahun 2013, 14 perusahaan manufaktur efisien pada tahun 2014 dan 12 perusahaan manufaktur efisien pada tahun 2015. Ditemukan bahwa tata kelola korporat yang diproksikan dengan ukuran komisaris independen berpengaruh positif terhadap efisiensi usaha, sedangkan proksi tata kelola korporat yang lain tidak berpengaruh terhadap efisiensi usaha. Diperkirakan perhitungan yang hanya berdasarkan kuantitas masih kurang menjelaskan pengaruh tata kelola korporat, sehingga diperlukan analisis tambahan untuk mengukur kualitas dari tata kelola korporat tersebut. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa struktur kepemilikan memoderasi hubungan antara tata kelola korporat terhadap efisiensi usaha, sedangkan struktur modal tidak berpengaruh terhadap hubungan antara tata kelola korporat terhadap efisiensi usaha.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/PUT/p/2016/041700137
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 May 2017 08:52
Last Modified: 29 May 2017 08:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159582
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item