Pengaruh Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan Terhadap Asimetri Informasi Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,

Pratiwi, Ana (2015) Pengaruh Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan Terhadap Asimetri Informasi Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh corporate governance dan struktur kepemilikan terhadap asimetri informasi. Corporate governance diproksikan dengan ASEAN Corporate Governance Scorecard sedangkan struktur kepemilikan diproksikan dengan kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Penelitian ini menambahkan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan, volume perdagangan, dan varian return. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang memiliki skor dari ASEAN Corporate Governance Scorecard pada tahun 2010 dan 2011. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang digunakan dan diperoleh 120 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah Multiple Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate governance dan kepemilikan institusional tidak terbukti berpengaruh negatif terhadap asimetri informasi. Sedangkan kepemilikan manajerial terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap asimetri informasi. Hasil penelitian dari variabel kontrol ukuran perusahan dan volume perdagangan tidak berpengaruh terhadap asimetri informasi, sedangkan varian return berpengaruh negatif terhadap asimetri informasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/PRA/p/2015/041606057
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:15
Last Modified: 26 Jan 2022 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159579
[thumbnail of ANA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
ANA PRATIWI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item