Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kinerja Lingkungan, dan Pengungkapan Lingkungan Perusahaan terhadap Reaksi Pasar (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terkait di BEI)

Mukti, BayuTriPrasetio (2013) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kinerja Lingkungan, dan Pengungkapan Lingkungan Perusahaan terhadap Reaksi Pasar (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terkait di BEI). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis reaksi pasar yang ditunjukkan dengan meningkatnya harga saham sebagai akibat dari penerapan mekanisme corporate governance , publikasi pemeringkatan kinerja lingkungan dan publikasi pemeringkatan pengungkapan lingkungan perusahaan pada saat publikasi laporan tahunan tahun 2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan hypotesis testing untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purpose sampling. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan mekanisme corporate governance melalui prinsip-prinsip good corporate governance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap reaksi pasar yang diproksikan dengan harga saham . Hal ini mengindikasikan bahwa mekanisme corporate governance masih digunakan oleh investor sebagai preferensi dalam pengambilan keputusan investasi. Berbeda dengan pengujian yang dilakukan terhadap aspek lingkungan sosial perusahaan yaitu kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan perusahaan yang masing-masing diproksikan oleh Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dan Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA) belum mampu menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap reaksi pasar yang diproksikan dengan harga saham. Hal ini memberikan indikasi bahwa investor masih belum menggunakan PROPER dan ISRA sebagai dasar dalam pengambilan keputusan investasi, karena kemungkinan masih banyak investor yang belum memahami konsep PROPER dan ISRA serta manfaatnya, selain itu juga disebabkan karena investor menganggapnya sebagai tindakan yang mengurangi laba perusahaan, sehingga tidak direspon oleh pasar.

English Abstract

purpose of this study was to analyze market reaction as indicated by rising stock price as a result of implementation corporate governance mechanisms, environmental performance and corporate environmental disclosure published on annual report in 2010. This study uses hypo sis testing approach to explain causal relationship between variables of study. population in this study is a registered company in Indonesia Stock Exchange. Selection of study sample using purpose sampling method. results show that application of corporate governance mechanism through principles of good corporate governance has a significant effect on market reaction that is proxied by stock prices. This indicates that corporate governance mechanism is used by investors as a preference in investment decision-making. In contrast to tests performed on environment performance and environment disclosure which is proxied by Rating of Company Performance in Environmental Management (PROPER) and Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA) found that re is no significant effect on on market reaction that is proxied by stock prices. This is an indication that investors aren`t using PROPER and ISRA as a basis for investment decision-making, because re are many investors who don`t understand concept of PROPER and ISRA and its benefits, but it also caused investors consider it as an act that reduces profits, so it isn`t responded by market.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/MUK/p/041305820
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 02 Jan 2014 13:56
Last Modified: 02 Jan 2014 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159576
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item