Corporate Governance and Internet Financial Reporting in Indonesia (An Empirical Study from Indonesian Manufacturing Companies)

hezadeen, AbeirH (2016) Corporate Governance and Internet Financial Reporting in Indonesia (An Empirical Study from Indonesian Manufacturing Companies). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan dan struktur kepemilikan pada pelaporan keuangan di internet di 137 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015. Data dari penelitian ini meliputi karakteristik laporan keuangan di internet, komponen tata kelola perusahaan dan struktur kepemilikan dari perusahaan manufaktur. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari kompetensi dewan direktur, jumlah keanggotaan dewan direktur, pertemuan dewan direktur, dan kompetensi komite audit terhadap laporan keuangan di internet. Sebaliknya, lima variabel lainnya dalam studi ini seperti konsentrasi kepemilikan pada 5 pemegang saham teratas, jumlah pemegang saham, independen komite audit, jumlah keanggotaan komite audit, dan aktifitas komite audit tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan pada pelaporan keuangan di internet. Hasil studi ini menunjukkan implikasi penting atas kebijakan dan peraturan yang ditunjukkan oleh penerapan teori institusi dalam konteks pelaporan keuangan di internet dan menyarankan membayar perhatian yang sama dengan faktor-faktor kelembagaan dan ekonomi ketika membandingkan praktik pelaporan keuangan di internet dari waktu ke waktu atau di lingkungan kelembagaan yang berbeda di masa depan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/EZA/c/2016/041700139
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 May 2017 11:07
Last Modified: 12 May 2017 11:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159566
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item