Pengaruh Corporate Governance dan Set Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Dwiati, AgustinaRatna (2011) Pengaruh Corporate Governance dan Set Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance dan set kesempatan investasi terhadap kebijakan dividen dengan manajemen laba sebagai variabel intervening. Sampel penelitian ini adalah perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menjadi peserta Corporate Governance Perception Index (CGPI) pada tahun 2005-2009. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance dan set kesempatan investasi berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan corporate governance yang kuat benar-benar memperhatikan kepentingan pemegang saham dengan cara membagikan dividen yang tinggi. Sementara itu, perusahaan dengan set kesempatan investasi yang tinggi akan membiayai investasinya tidak dengan menggunakan dana dari dalam perusahaan namun menggunakan dana yang diperoleh dari luar perusahaan yaitu dengan cara menjual saham pada pasar modal. Penjualan saham pada pasar modal membuat perusahaan mendapatkan kas sehingga mampu membayar dividen yang tinggi. Manajemen laba tidak dapat memediasi pengaruh corporate governance dan set kesempatan investasi terhadap kebijakan dividen karena di Indonesia tidak terdapat regulasi yang mewajibkan perusahaan membayar dividen dalam jumlah tertentu sehingga manajer tidak perlu melakukan manajemen laba agar dapat memenuhi regulasi tersebut.

English Abstract

aim of this study is to test impact of corporate governance and investment opportunity set toward dividend policy with earnings management as intervening variable. sample of this study is non-financial firms listed in Indonesia Stock Exchange and also a member of Corporate Governance Perception Index on 2005-2009. method that used in this study is path analysis. results of this study showed that corporate governance and investment opportunity set has positive impact toward dividen policy. It showed that company with strong corporate governance really cared about shareholders interests by giving high dividend for m. Meanwhile, company with high investment opportunity set will fund ir investment not with internal fund but with external fund that come from sale of shares at stock market. sale of shares make company get a lot of cash so y can pay high dividend. Earnings management has no impact toward dividend policy and earnings management can not mediate impact of corporate governance and investment opportunity set toward dividend policy because, in Indonesia, re is no regulation that makes company pay dividend in some level so manager doesn`t need to do earnings management to fulfill that regulation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/DWI/p/041104116
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 18 Oct 2011 09:59
Last Modified: 18 Oct 2011 09:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159562
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item