Pengaruh Diversifikasi Perusahaan, Corporate Governance, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan

Atami, AuliaPinto (2016) Pengaruh Diversifikasi Perusahaan, Corporate Governance, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara diversifikasi perusahaan, corporate governance, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdiversifikasi listing di Bursa Efek Indonesia. Pengujian dilakukan pada sampel sebanyak 172 buah perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai berikut : memiliki anak perusahaan minimal 2 atau bergerak tidak pada 1 segmen usaha, mengungkapkan corporate governance, dan corporate social responsibility pada tahun periode penelitian. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini tidak menemukan bahwa pengaruh diversifikasi terhadap nilai perusahaan, corporate governance mempengaruhi nilai perusahaan, dan corporate social responsibility meningkatkan nilai perusahaan. Penemuan dalam penelitian ini memberikan penjelasan tentang penolakan terhadap pendekatan Montgomery yang menjelaskan tentang alasan perusahaan melakukan diversifikasi pada kasus di Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena krisis ekonomi yang terjadi menyebabkan banyak perusahaan mengalami perlambatan pertumbuhan perusahaan. Penemuan penelitian ini menentang teori menyatakan bahwa perusahaan yang terdiversifikasi memiliki tata kelola yang lemah dibandingkan dengan perusahaan fokus. Permasalahan keagenan ini menyebabkan tata kelola perusahaan tidak efektif memantau perilaku manejer agar sesuai dengan kepentingan pemegang saham dan stakeholder. Penelitian ini mendukung teori yang menjelaskan bahwa corporate social responsibility sebagai alat yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan besar menggunakan corporate social responsibility untuk meningkatkan nilai perusahaan dengan cara menjaga legitimasi pada perspektif stakeholder

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/ATA/p/2016/041611631
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jan 2017 09:47
Last Modified: 19 Jan 2017 09:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159559
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item