Peningkatan Implementasi 5S dan Total Productive Maintenance dengan Menggunakan Pendekatan DMAIC dan Expert System (Studi Kasus di PT. “XYZ”, Jawa Timur)

Nafida, WilluddyanaGhosi (2013) Peningkatan Implementasi 5S dan Total Productive Maintenance dengan Menggunakan Pendekatan DMAIC dan Expert System (Studi Kasus di PT. “XYZ”, Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan upaya implementasi 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) dan Total Productive Maintenance (TPM) di salah satu perusahaan kertas menggunakan integrasi pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improvement, Control) dan expert system . Penelitian dilakukan di Departemen C yang memiliki skor implementasi yang rendah dan jumlah pakar 5S dan TPM yang kurang. Pendekatan DMAIC digunakan untuk mencari permasalahan utama mengapa implementasi 5S dan TPM di Departemen C tidak berjalan efektif, mencari akar permasalahan utama, dan mencari solusi perbaikan proses bisnis. Sementara expert system digunakan untuk membantu mempercepat proses konsultasi ketika pakar 5S dan TPM yang jumlahnya sedikit tidak memiliki waktu untuk konsultasi. Permasalahan yang paling sering muncul pada implementasi 5S dan TPM selama periode 2011-2012 adalah permasalahan Seiso (54 kali), Seiton (43 kali), Autonomous Maintenance (21 kali), dan Seiri (19 kali). Permasalahan ini disebabkan karena proses bisnis hanya menitikberatkan pada audit, bukannya tahapan implementasi 5S sendiri dimana masih banyak mekanik/elektrik yang memiliki persepsi yang salah mengenai 5S, dan juga disebabkan karena Autonomous Maintenance tidak berjalan dengan efektif. Usulan perbaikan proses bisnis adalah mengimplementasikan kegiatan-kegiatan 5S pada aktivitas harian secara sederhana untuk memperkenalkan budaya 5S dan meningkatkan frekuensi dan kontrol Autonomous Maintenance . Pengembangan expert system menghasilkan aplikasi (yang dinamakan SIPAMS) yang memberikan rekomendasi pada permasalahan utama. SIPAMS membantu anggota organisasi, seperti operator, mekanik, elektrik, dan pihak-pihak yang tidak mendapatkan pelatihan implementasi 5S dan TPM untuk berkonsultasi dan mempelajari prinsip-prinsip dasar 5S dan TPM.

English Abstract

This research aimed to increase implementation of 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) and Total Productive Maintenance (TPM) in a paper manufacture company using integration of DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improvement, Control) approach and expert system. research take place in Department C which had low implementation score and few number of expert in 5S and TPM. DMAIC approach was used for obtain main problem why implementation worked ineffectively, root-cause problem, and improvement solution for business process. Expert system was used to help fastening consultation process while expert of 5S and TPM, which is few in number, have no time to give consultation. Problems often occurred in 5S and TPM implementation during 2011-2012 are Seiso (54 times), Seiton (43 times), Autonomous Maintenance (21 times), and Seiri (19 times). Those problems are caused by process business that only focused in audit system, instead of 5S implementation stage itself whereas many mechanic or electric still have wrong perception about 5S, and also caused by Autonomous Maintenance that not work effectively. proposed improvement for problem are to implement 5S activities on daily activities in simple way in order to introduce 5S culture and increase frequency and control of Autonomous Maintenance. Expert system development delivered application (called SIPAMS) that gives recommendation for main problem. SIPAMS help organization member, such as operator, mechanic, electric and o rs who didn`t receive 5S/TPM implementation training, to consult and to learn basic principles of 5S and TPM.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.202/NAF/p/041300747
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.2 Plant management
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 15 Apr 2014 11:24
Last Modified: 15 Apr 2014 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159424
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item