Pengaruh Manajemen Laba Dan Penerapan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di B

Oktanestiti, DwiAjeng (2016) Pengaruh Manajemen Laba Dan Penerapan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di B. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh manajemen laba dan penerapan tata kelola perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sampel yang diperoleh sebanyak 180 perusahaan dari periode 2009-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba berdampak buruk dalam nilai perusahaan dan CSR merupakan mediasi tata kelola perusahaan dan manajemen laba. Nilai perusahaan akan naik apabila melakukan kegiatan CSR dengan menerapkan tata kelola perusahaan, namun kegiatan CSR tidak dapat membuktikan bahwa adanya praktik manajemen laba dapat meingkatkan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa pengungkapan CSR dilakukan bukan hanya untuk menutupi adanya praktik manajemen laba, karena dalam perusahaan manufaktur, pengungkapan CSR merupakan salah satu faktor penting dalam memelihara kepercayaan dan keyakinan pemegang saham. Hasil lainnya menjelaskan bahwa pengungkapan CSR dilakukan bukan karena adanya penerapan tata kelola perusahaan, dikarenakan penerapan tata kelola perusahaan hanya sebatas regulasi saja. Tata kelola perusahaan tidak mempunyai dampak dalam menaikkan nilai perusahaan, karena implementasi tata kelola perusahaan di Indonesia masih belum memberikan hasil yang optimal mengingat proses dalam praktik tata kelola perusahaan membutuhkan waktu untuk mengetahui manfaatnya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.155/OKT/p/2016/041606074
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Oct 2016 14:02
Last Modified: 19 Oct 2016 14:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159409
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item