Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kesenjangan Anggaran Dengan Tekanan Eksternal Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris di Pemerintah Kota Probolinggo).

Rifqi, RobithAbdullah (2017) Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kesenjangan Anggaran Dengan Tekanan Eksternal Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris di Pemerintah Kota Probolinggo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh partisipasi anggaran terhadap kesenjangan anggaran, serta pengaruh tekanan eksternal sebagai pemoderasi hubungan partisipasi anggaran dan kesenjangan anggaran di pemerintah Kota Probolinggo. Sampel penelitian ini adalah 105 pegawai yang turut serta dalam proses penyusunan anggaran pada 40 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar tingkat partisipasi pegawai dalam penyusunan anggaran, maka semakin menurunkan terjadinya kesenjangan anggaran. Penelitian ini tidak mampu membuktikan bahwa, interaksi antara partisipasi anggaran dan tekanan eksternal memperkuat pengaruh partisipasi anggaran terhadap kesenjangan anggaran. Melainkan, tekanan eksternal dapat menurunkan terjadinya kesenjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.154/RIF/p/2017/041702683
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Apr 2017 08:07
Last Modified: 26 Apr 2017 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159388
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item