Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Sebagai Pemoderasi (Studi Pada Pemerintah Provinsi Gorontalo)

Lukum, Amir (2010) Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Sebagai Pemoderasi (Studi Pada Pemerintah Provinsi Gorontalo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh partisipasi anggaran dan kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran dengan komitmen organisasi dan budaya organisasi sebagai pemoderasi.Variabel independen dalam penelitian ini adalah partisipasi anggaran dan kejelasan sasaran anggaran dan variabel dependennya adalah senjangan anggaran. Populasi dalam penelitian ini adalah para pimpinan SKPD di Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang berjumlah 390 responden.Pengujian dilakukan pada 80 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei langsung dan mail survey serta kontak person. Pengujian hipotesis diuji secara empiris dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran dan kejelasan sasaran anggaran berpengaruh negatif terhadap senjangan anggaran. Kemudian untuk efek moderasi pertama yaitu partisipasi anggaran dan kejelasan sasaran anggaran berpengaruh terhadap senjangan anggaran diperkuat oleh komitmen organisasi, hal ini bermakna bahwa semakin tinggi komitmen organisasi maka semakin tinggi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Efek moderasi kedua yaitu budaya organisasi, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hubungan partisipasi anggaran dan kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran, hal ini bermakna bahwa budaya organisasi bukan sebagai variabel moderasi yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh partisipasi anggaran dan kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.154/LUK/p/041003167
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Dec 2010 15:29
Last Modified: 17 Dec 2010 15:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159386
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item