Analisis Determinan Efisiensi Perbankan Di Indonesia Dengan Menggunakan Data Envelopment Analysis (Dea) Dan Perbandingannya Dengan Metode Camel

Yudhistira, Hangga Pradana (2016) Analisis Determinan Efisiensi Perbankan Di Indonesia Dengan Menggunakan Data Envelopment Analysis (Dea) Dan Perbandingannya Dengan Metode Camel. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari peneltian adalah mengetahui bagaimana tingkat efisiensi diukur dengan metode DEA dan apa yang menjadi faktor penghambatnya, bagaimana variabel tingkat profitabilitas, tingkat kompleksitas, tingkat kesehatan, kepemilikan modal dapat berpengaruh terhadap tingkat efisiensi dan hubungannya dengan CAMEL. Penelitian berlokasi di propinsi jawa timur dengan total sampel sebanyak 77 sampel. Teknis analisis yang digunakan adalah regresi tobit dan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efisiensi BPR di jawa timur sangat berfluktuatif dan pengelolaan variabel input belum mencapai tingkat yang maksimal jika dibandingkan dengan variabel output yang merupakan hasil pengelolaan dari variabel input tersebut. Tingkat profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat efisiensi. Tingkat kompleksitas berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat efisiensi. Tingkat kesehatan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat efisiensi. Kepemilikan modal pemerintah tidak berpengaruh terhadap tingkat efisiensi Hasil uji korelasi spearman menghasilkan bahwa tingkat efisiensi berhubungan dengan CAMEL karena dalam CAMEL terdapat juga komponen efisiensi meskipun nilai pembobotannya sedikit. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tingkat efisiensi sempurna dapat dicapai tidak hanya dengan membandingkan variabel input dan output secara optimal namun juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain di luar variabel tersebut. Selain itu dalam menetukan tingkat efisiensi perlu dilakukan lebih dari satu pendekatan sehingga dapat diyakini bahwa tingkat efisiensi yang sempurna sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.15/YUD/a/2016/041606078
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Dec 2016 14:59
Last Modified: 21 Apr 2022 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159364
[thumbnail of Hangga Pradana Yudhistira.pdf] Text
Hangga Pradana Yudhistira.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item