Relevansi Nilai Atas Nilai Wajar Aset dan Liabilitas Dengan Mekanisme Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Pascayanti, Yusifa (2016) Relevansi Nilai Atas Nilai Wajar Aset dan Liabilitas Dengan Mekanisme Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji relevansi nilai atas nilai wajar aset dan liabilitas dengan mekanisme Good Corporate Governance sebagai variabel pemoderasi dengan menggunakan sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012-2014. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive samplingdan analisis data penelitian menggunakan Eviews. Mekanisme Good Corporate Governance dalam penelitian ini dilihat dari dewan komisaris independen, investor institusional dan komite audit yang dimiliki perusahaan. Lebih lanjut, penelitian ini juga menginvestigasi relevansi nilai informasi akuntansi seperti nilai buku, laba, nilai wajar atas aset dan liabilitas keuangan dengan melihat pengaruhnya terhadap harga saham dan return saham. Model Ohlson (1995) menjadi model pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini, dan penelitian ini berusaha mengkaji kedua model pengukuran ohlson yaitu model harga dan model return untuk melihat konsistensi penelitian. Dengan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hipotesisdan regresi moderasi untuk menguji hipotesis moderasi, Hasil yang signifikan menunjukkan bahwa nilai buku, laba, nilai wajar aset dan nilai wajar liabilitas memiliki relevansi nilai. Maka dapat disimpulkan semua variabel berpengaruh terhadap harga saham dan return saham. Selain itu, mekanisme Good corporate governance mampu memoderasi relevansi nilai atasnilai buku, laba, nilai wajar aset keuangan, dan nilai wajar liabilitas.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.15/PAS/r/2016/041611358
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jan 2017 14:10
Last Modified: 20 Jan 2017 14:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159348
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item