Peran Lingkungan Industri dan Fenomena Inovasi dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah Batik (Studi Pada Batik Tulis Raden Wijaya, Batu dan Batik Tulis Celaket, Malang).

Dewi, AndiNormala (2014) Peran Lingkungan Industri dan Fenomena Inovasi dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah Batik (Studi Pada Batik Tulis Raden Wijaya, Batu dan Batik Tulis Celaket, Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran lingkungan industri UKM batik berdasarkan lima kekuatan kompetisi dari Porter yang terdiri dari, daya tawar konsumen, daya tawar pemasok, persaingan antarusaha saingan, masuknya pesaing baru, dan pengembangan produk pengganti. Penelitian ini juga menganalisis fenomena inovasi dalam pengembangan UKM batik berdasarkan jenis dan sifatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, dan persepsi pengusaha batik. Temuan penelitian ini, pertama, informasi produk menjadikan konsumen lebih selektif dalam memilih kebutuhan batik yang ditawarkan. Kedua, pengusaha batik menjalin kerja sama dengan pemasok di Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan dengan membeli alat dan bahan baku batik dalam jumlah yang banyak. Pengusaha batik Celaket juga bertindak sebagai pemasok alat dan baku batik, khususnya usaha batik di daerah Malang dan Sukun. Ketiga, pelaku UKM batik di Malang dan Batu dihadapkan oleh adanya usaha batik lain yang memproduksi batik printing dan batik celup yang merupakan jenis batik baru dalam dunia batik. Batik printing dan batik celup diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan waktu proses yang cepat dan harga yang sangat murah sehingga pengusaha batik tradisional menghadapi persaingan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kualitas batik serta menerapkan strategi harga yang sesuai. Keempat, lingkungan industri yang dinamis memicu sebagian pelaku UKM untuk melakukan inovasi sebagai upaya mempertahankan eksistensi dalam dunia batik. Terakhir, terjadi pergeseran nilai seni budaya batik, baik dari segi motif, maupun filosofinya karena tuntutan permintaan pasar dan kebutuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.022/DEW/p/2014/041601583
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.02 Management of enterprises of specific sizes and scope / Corporate governance
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Aug 2016 11:29
Last Modified: 01 Aug 2016 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159313
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item