Dinamika Kisah “Si Kencur” Dalam Memperbaiki Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Retribusi Pelayanan Pasar: Suatu Kajian Dramaturgi

Yunanto, Andry (2016) Dinamika Kisah “Si Kencur” Dalam Memperbaiki Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Retribusi Pelayanan Pasar: Suatu Kajian Dramaturgi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami kisah peran para aktor dalam memperbaiki sistem informasi akuntansi penerimaan kas retribusi pelayanan pasar. Dinamika kisah yang ditampilkan, tidak hanya menceritakan kisah tokoh utama “Si Kencur” dalam upaya memperbaiki sistem informasi akuntansi tetapi juga memberikan pemahaman dan gambaran yang lebih mendalam tentang berbagai permasalahan yang terjadi dalam sandiwara birokrasi pemerintahan daerah. Penggunaan analogi teater dan alur cerita drama dalam metode dramaturgi digunakan sebagai kerangka untuk menyusun kisah, menganalisa dialog, dan melakukan kajian dramaturgi. Dinamika konflik sosial yang terjadi akibat interaksi para aktor memang tidak dapat dihindari, yang terpenting adalah bagaimana mengolah permasalahan dan konflik (conflict management) tersebut menjadi konstruktif. Sistem informasi akuntansi penerimaan kas pelaksanaannya tergantung pada keselarasan tujuan dan dukungan peran seluruh aktor baik yang berada di depan, belakang dan luar panggung; penataan stage yang lebih baik; penggunaan properti teknologi informasi yang dapat menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat; dan penggunaan strategi yang bersifat asosiatif.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657/YUN/d/2016/041700132
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 May 2017 09:06
Last Modified: 29 May 2017 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159297
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item