Pengaruh Desentralisasi, Ketidakpastian Lingkungan dan Pengendalian Akuntansi terhadap Kinerja Manajerial pada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura

Sanggenafa, MariolinAnace (2011) Pengaruh Desentralisasi, Ketidakpastian Lingkungan dan Pengendalian Akuntansi terhadap Kinerja Manajerial pada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desentralisasi, ketidakpastian lingkungan dan pengendalian akuntansi terhadap kinerja manajerial. Pendekatan yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan pengujian statistik. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kuantitatif karena ingin menjelaskan hubungan kausal yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi multiple. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei melalui kuesioner yang dibagikan kepada 39 orang manajer level menengah dan bawah pada Kantor Pemerintah Kabupaten Jayapura. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hipotesis 1, 2 dan 3 terbukti atau diterima, hal ini sesuai dengan probabilitas atau signifikan pada 0.000 (0.0 %) yang berada dibawah batas toleransi 5 %. Hasil uji t, untuk variabel desentralisasi (X 1 ) t hitung , sebesar 2.146 t tabel 2.030 artinya desentralisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Untuk variabel ketidakpastian lingkungan (X 2 ) t hitung sebesar 2.398 t tabel 2.030, menunjukkan bahwa ketidakpastian lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Untuk variabel pengendalian akuntansi (X 3 ) t hitung sebesar 2.112 t tabel 2.030 berarti bahwa pengendalian akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desentralisasi, ketidakpastian lingkungan dan pengendalian akuntansi berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Semakin baik desentralisasi, ketidakpastian lingkungan dan pengendalian akuntansi yang ada di suatu pemerintah maka semakin baik kinerja manajerial.

English Abstract

purpose of research is to find out influence of decentralization, environment uncertainty and accounting control to managerial performance. approach for testing research hypo ses is statistical test. Paradigm used in research is quantitative paradigm because it explains causal relationship in form of multiple regression equation. method of data collection is survey method through use of questionnaire allotted to 39 low and middle level managers at government of Jayapura district. result of this study showed that decentralization, environmental uncertainty and accounting controls have an impact toward managerial performance. better decentralization, environmental uncertainty and accounting controls that exist in a government, better managerial performance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657/SAN/p/041103880
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 28 Sep 2011 14:48
Last Modified: 28 Sep 2011 14:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159288
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item