Analisis Dampak Karakteristik Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba dan Hubungannya dengan Kinerja Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Kalimah, Siti (2011) Analisis Dampak Karakteristik Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba dan Hubungannya dengan Kinerja Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perhatian investor yang sering terpusat pada informasi laba, tanpa memperhatikan prosedur yang digunakan untuk menghasilkan informasi laba tersebut dapat mendorong manajemen untuk melakukan manajemen laba ( earnings management ). Salah satu bentuk dari manajemen laba adalah perataan laba ( income smoothing ). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan untuk menguji perbedaan returns saham antara perusahaan manufaktur perata laba dan perusahaan manufaktur bukan perata laba. Karakteristik perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan indikator profitabilitas, leverage operasi, d an ukuran perusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 60 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik ( logistic regression ) dan mann whitney U test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel karakteristik perusahaan yang diukur dengan indikator profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba, sedangkan leverage operasi berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Analisis uji beda menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan returns saham antara perusahaan manufaktur yang melakukan perataan laba dan perusahaan manufaktur yang tidak melakukan perataan laba.

English Abstract

Investors attention are often centered on earnings information regardless procedures used to generate earnings information may encourage management to make earnings management. One form of earnings management is income smoothing. research was aimed to test influence of company characteristics on practice of income smoothing on manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange and to test difference between stock returns manufacturing company smoo r income and non smoo r income. Characteristics of firm in this research measured by indicators profitability, operating leverage, and company size. sample used was a manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange. selection of samples was determined by using purposive sampling method and obtained sample of 60 manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange. Analysis tool used was logistic regression analysis and mann whitney u test. hypo sis testing find that variable characteristics of company as measured by indicators of profitability and company size has not influence on income smoothing practice, while operating leverage of influence on practice of smoothing earnings. Analysis of different test find that re was no difference between stock returns of manufacturing firms that perform income smoothing and that do not perform income smoothing.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.867/KAL/a/041103181
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 12 Dec 2011 14:31
Last Modified: 12 Dec 2011 14:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159261
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item