Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual, (Studi Kasus Pada Pemerintahan Kabupaten di Manggarai Nusa Tenggara Timur).

Jantong, Alfonsus (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual, (Studi Kasus Pada Pemerintahan Kabupaten di Manggarai Nusa Tenggara Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan pemerintah daerah dalam penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Analisis dilakukan terhadap pengaruh pelatihan, pendampingan terhadap kualitas sumber daya manusia dan pengaruh kualitas sumber daya manusia, komitmen organisasi, dan sarana prasarana terhadap kesiapan penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual, melalui pendekatan positivis. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, yang disebarkan kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menangani bidang akuntansi dan bendahara, sampel yang digunakan berjumlah 104 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelatihan dan Pendampingan berpengaruh positif terhadap kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana tidak berpengaruh terhadap kesiapan penerapan standar akuntansi berbasis akrual, komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kesiapan penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Secara bersama-sama kualitas sumber daya manusia, komitmen organisasi, dan sarana prasarana berpengaruh terhadap kesiapan penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual. Penelitian ini membuktikan bahwa kesiapan pemerintah daerah Kabupaten Manggarai dalam hal kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana belum siap. Komitmen organisasi pada Kabupaten Manggarai sangat siap untuk menerapkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.835/FE/f/2016/041606066
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:02
Last Modified: 19 Oct 2016 12:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159256
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item