Dinamika Penerapan PP Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Kasus di Kabupaten Gresik.

Afiqoh, NyimasWardatul (2016) Dinamika Penerapan PP Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Kasus di Kabupaten Gresik. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami dinamika penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) Berbasis Akrual yang terjadi di Kabupaten Gresik dengan menggunakan perspektif teori new institusionalism. Teori tersebut digunakan sebagai alat untuk menganalisis dan memahami proses implementasi SAP berbasis akrual. Penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Gresik dengan menggunakan paradigma interpretif untuk memahami realita dengan cara pandang subyektif. Analisis prosesual digunakan dalam mendeskripsikan dinamika sejak diundangkannya PP Nomor 71 Tahun 2010 hingga implementasinya, sehingga peneliti dapat merumuskan tiga masa penting (masa toleransi,masa percobaan dan masa transisi) dengan hasil: pertama, pada awal diundangkannya PP Nomor 71 Tahun 2010 yang termasuk dalam masa toleransi tidak banyak hal yang menunjukkan perubahan upaya yang optimal bahwa telah dilakukannya implementasi SAP basis akrual di Pemkab Gresik. Kedua, adanya komitmen terkait implementasi SAP berbasis akrual di Pemkab Gresik ditandai dengan terbitnya Perbup Nomor 24 Tahun 2014 tentang Kebijakan Akuntansi Berbasis Akrual, Sistem Akuntansi Berbasis Akrual dan Bagan Akun Standar (BAS) Pemerintah. Ketiga, pada masa transisi di Pemkab Gresik implementasi SAP berbasis akrual belum dapat diterapkan secara optimal. Hal ini dikarenakan keterbatasan pemahaman SDM pengelola laporan keuangan yang mengakibatkan SDM pengelola sulit untuk mengimplementasikan secara maksimal. Pemkab Gresik dalam menerapkan SAP basis akrual berupaya untuk menjadi mirip (isomorphism) dengan lingkungan kelembagaannya dengan cara coercive, mimetic dan normative.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.835/AFI/d/2016/041611329
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jan 2017 09:01
Last Modified: 13 Jan 2017 09:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159255
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item