Institusionalisasi Internal Audit Capability Model (IACM) pada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian Luar Negeri.

Maryani, Tyarlin (2016) Institusionalisasi Internal Audit Capability Model (IACM) pada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian Luar Negeri. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai bagaimana proses institusionalisasi Internal Audit Capabilty Model (IACM) pada APIP Kementerian Luar Negeri, dengan penekanan pada proses institusionalisasi dan implikasinya. Kasus yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah proses institusionalisasi IACM yang merupakan tools menilai dan meningkatkan kapabilitas APIP yang dilakukan secara mandiri. APIP akan terbantu memetakan rencana aksi yang dilakukan secara bertahap untuk memperbaiki dan meningkatkan tingkat kapabilitasnya, dan implikasi yang timbul dari proses tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan studi kasus berdasarkan proposisi teoritis sebagai strategi penelitian. Latar belakang institusionalisasi IACM dianalisis dengan menggunakan Teori Institusional, dan implikasi yang terjadi dianalisis dengan teori Perubahan Organisasi berdasarkan tahapan perubahan menurut Lewin (1951). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendorong terkuat dilakukannya institusionalisasi IACM adalah karena tekanan dari BPKP yang merupakan Lead Agency APIP, dan juga arahan Presiden RI yang menargetkan capaian untuk tahun 2019. Tekanan tersebut dikuatkan dalam agenda pembangunan dan peraturan, dalam teori institusional gejala ini termasuk dalam coercive isomorphism. Analisis lanjutan berdasarkan model tahapan perubahan Lewin (1951) dimana APIP terpaksa melakukan perubahan terhadap organisasinya melalui asssessment IACM, membawa unit APIP harus melakukan beberapa langkah pada masing-masing fase yang dilaluinya baik Unfreezing, Movement, dan Refreezing. Implikasi akan membuat APIP mampu makin mengenal kondisi dan kemampuannya, perbaikan yang perlu dilakukan baik individu, tim dan organisasi. Kementerian Luar Negeri perlu membuat rencana strategis, target dan monitoring secara berkelanjutan untuk mencapai target. Komitmen bersama secara sadar sangat diperlukan sehingga tidak hanya pemenuhan kepentingan legitimasi saja namun mampu memperbaiki kinerja keseluruhan unit organisasinya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.458/MAR/i/2016/041611354
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jan 2017 13:58
Last Modified: 17 Jan 2017 13:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159217
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item