Analisis Peranan Internal Audit Sebagai Implementasi Good Corporate Governance dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan : Studi Kasus pada PT. “X”

Kurniati, Ro`isun (2010) Analisis Peranan Internal Audit Sebagai Implementasi Good Corporate Governance dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan : Studi Kasus pada PT. “X”. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada salah satu perusahaan yang bergerak pada industri rokok di Indonesia memperlihatkan bahwa internal audit telah berperan secara efektif dalam implementasi GCG, akan tetapi kinerja internal dan eksternal perusahaan mengalami penurunan setelah GCG mulai diimplementasikan. GCG yang diimplementasikan secara efektif dalam jangka panjang seharusnya dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan menguntungkan pemegang saham karena GCG merupakan suatu mekanisme terstruktur yang meliputi pengawasan, perimbangan kewenangan dan proses transparan atas penetapan tujuan, pencapaian dan ukuran kinerja perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang menggunakan berbagai sumber data untuk meneliti, menguraikan, dan menjelaskan secara komprehensif suatu permasalahan secara sistematis. Obyek penelitian adalah PT. “X” yang bergerak di industri rokok dan berlokasi di Jawa Timur. Penelitian bertujuan untuk (1) menilai peranan internal audit dalam implementasi GCG, dan (2) mengetahui implikasi GCG terhadap kinerja internal dan eksternal perusahaan. Penilaian dilakukan menggunakan kuisioner yang diadopsi dari quality assessment manual (oleh IIA). Kinerja internal dan eksternal perusahaan dinilai dengan Kepmen BUMN No. KEP-100/MBU/2002 dan Tobin`s Q value yang telah disesuaikan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa internal audit melalui komitmennya yang kuat terhadap : (1) elemen penting pekerjaan (2) pengembangan profesi dan (3) kualifikasi personal internal auditor, telah berperan secara efektif dalam implementasi GCG. Penurunan kinerja perusahaan menunjukkan GCG hanya diimplementasikan untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Untuk meningkatkan efektifitas GCG terhadap kinerja internal dan eksternal PT. ”X” maka dipilih alternatif internalisasi budaya perusahaan (corporate culture) yang akomodatif kepada seluruh elemen perusahaan agar membantu keberhasilan penerapan prinsip-prinsip GCG sehingga didapatkan best practices agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.458/KUR/a/041002510
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2010 13:56
Last Modified: 19 Nov 2010 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159216
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item