Pengaruh Skeptisisme Profesional, Pengalaman Dan Independensi Auditor Terhadap Kemampuan Mendeteksi Fraud (Studi Empirik Pada Bpk Perwakilan Provinsi Jawa Timur)

Pramana, AndyChandra (2016) Pengaruh Skeptisisme Profesional, Pengalaman Dan Independensi Auditor Terhadap Kemampuan Mendeteksi Fraud (Studi Empirik Pada Bpk Perwakilan Provinsi Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skeptisisme profesional, pengalaman dan independensi auditor terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, yaitu auditor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Skeptisisme profesional diukur menggunakan skala skeptisisme dari Hurtt (2010), pengalaman diukur dari lama auditor bekerja sebagai auditor, independensi diukur dari indikator independensi profesional dari Sawyer (2006), dan kemampuan mendeteksi kecurangan diukur dari gejala-gejala kecurangan yang dikembangkan oleh Fullerton dan Durtschi (2004). Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh antar variabel independen dan dependen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing-masing variabel independen yakni: skeptisisme profesional, pengalaman dan independensi secara parsial memiliki pengaruh terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud. Penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada auditor BPK Perwakilan .Provinsi Jawa Timur agar selalu meningkatkan skeptisisme profesional, pengalaman dan independensi mereka dalam melaksanakan tugasnya mendeteksi kecurangan, sesuai dengan yang telah diatur dalam SPKN.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.45/PRA/p/2016/04162710
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2016 15:24
Last Modified: 16 Dec 2016 15:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159200
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item