Pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Ethical Judgment dengan Pengetahuan Auditor dan Komitmen Profesi sebagai Variabel Intervening: Studi pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia yang Terdaftar di Burs

laily, Nujmatul (2010) Pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Ethical Judgment dengan Pengetahuan Auditor dan Komitmen Profesi sebagai Variabel Intervening: Studi pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia yang Terdaftar di Burs. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh pengalaman auditor terhadap ethical judgment dengan pengetahuan auditor dan komitmen profesi sebagai variabel intervening. Populasi dari penelitian ini adalah semua auditor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008. Pengujian dilakukan terhadap sampel sebanyak 82 auditor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung pengalaman auditor terhadap ethical judgment. Selain itu, pengalaman auditor memiliki pengaruh terhadap pengetahuan auditor dan komitmen profesi. Penelitian ini tidak menemukan hubungan antara komitmen profesi dan ethical judgment. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengalaman auditor dan pengetahuan auditor merupakan determinan dari ethical judgment meskipun pengetahuan auditor mempunyai pengaruh negatif terhadap ethical judgment.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.45/LAI/p/041003081
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Dec 2010 14:50
Last Modified: 09 Dec 2010 14:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159193
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item