Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intern, Pemanfatan Teknologi Informasi Terhadap Informasi Laporan Keuangan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Mediasi Pada Perum Jasa Tir

Nurohmi, Siti (2016) Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intern, Pemanfatan Teknologi Informasi Terhadap Informasi Laporan Keuangan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Mediasi Pada Perum Jasa Tir. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pengendalian intern, pemanfaatan teknologi informasi dan corporate governance terhadap informasi laporan keuangan. Pengambilan data menggunakan metode survey. Sampel dalam studi ini adalah kepala biro, kepala divisi, kepala bagian, kepala sub divisi dan pengelola administrasi keuangan yang tersebar di wilayah kerja Perum Jasa Tirta I yaitu Wilayah Sungai Brantas dan Bengawan Solo. Sebanyak 148 data diolah dengan menggunakan smartPLS. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kapasitas sumber daya manusia dan pengendalian intern mempengaruhi corporate governance, selain itu kapasitas sumber daya manusia dan corporate governance mempengaruhi informasi laporan keuangan secara langsung. Implikasi studi ini adalah manajemen Perum Jasa Tirta I harus memastikan bahwa sumber daya manusia yang ada pada perusahaan merupakan sumber daya yang berkompeten dan memiliki pengendalian intern yang memadai, sehingga dapat meningkatkan penerapan corporate governance dan menyampaikan informasi laporan keuangan secara tepat waktu.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.4/NUR/p/2016/041611340
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2017 13:42
Last Modified: 12 Jan 2017 13:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159161
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item