Analisis Manajemen Laba Sebelum dan Sesudah konvergensi IFRS di Indonesia Dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi.

Firmansyah, RichieDwi (2016) Analisis Manajemen Laba Sebelum dan Sesudah konvergensi IFRS di Indonesia Dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan manajemen laba sebelum dan sesudah konvergensi IFRS di Indonesia dan pengaruh konvergensi IFRS terhadap manajemen laba dengan dimoderasi oleh kualitas audit. Penelitian ini menggunakan 77 observasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan dengan periode pengamatan selama 6 tahun diperoleh sampel pengamatan (observasi) sebanyak 462 perusahaan tahun (firm years). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan two way anova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan rata-rata antara Absolut Discretionary Accruals sebelum dan sesudah konvergensi IFRS dan kualitas audit dapat memperlemah hubungan antara konvergensi IFRS terhadap manajemen laba. Kesimpulannya, implementasi IFRS di Indonesia memang masih belum dapat membatasi praktik manajemen laba.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.3/FIR/a/2016/041611350
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.3 Financial reports (Financial statements)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:43
Last Modified: 17 Jan 2017 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159143
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item